Tautan-tautan Akses

AS

Tingkat Pengangguran AS Bulan Oktober Naik Jadi 7,9 Persen


Warga AS yang mencari kerja antri dalam sebuah acara bursa lapangan kerja di kota New York (foto:dok)

Warga AS yang mencari kerja antri dalam sebuah acara bursa lapangan kerja di kota New York (foto:dok)

Pemerintah AS melaporkan hari Jumat (2/11) bahwa tingkat pengangguran di Amerika bulan Oktober mencapai 7,9 persen atau naik 0,1 persen dari bulan September.

Pasar tenaga kerja AS menambah 171.000 pekerjaan lagi pada bulan Oktober bahkan saat tingkat pengangguran meningkat. Walaupun demikian, hari Jumat pemerintah AS melaporkan bahwa saat lebih banyak orang mencari pekerjaan dengan tingkat pengangguran mencapai 7,9 persen.

Ini adalah laporan ekonomi penting terakhir sebelum pemilihan presiden pada hari Selasa di mana banyak perdebatan difokuskan pada kandidat mana yang dapat memotong tingkat pengangguran dan mendorong perekonomian Amerika yang lesu.

Ketika tingkat pengangguran AS turun menjadi 7,8 persen pada bulan September, itu adalah tingkat terendah selama masa jabatan Gedung Putih Presiden Barack Obama. Pengangguran berada pada tingkat 8 persen atau lebih buruk selama 44 bulan berturut-turut.

Sejak Perang Dunia II, belum ada Presiden Amerika berhasil terpilih kembali dengan tingkat pengangguran di atas 7,4 persen.

Jumat ini, kandidat Presiden dari Partai Republik Mitt Romney mengatakan bahwa kenaikan 0,1 persen itu menjadi peringatan bahwa perekonomian Amerika masih mandek.

Seorang penasehat ekonomi Presiden Obama mengatakan laporan itu adalah bukti lebih lanjut bahwa perekonomian sedang dalam pemulihan dari resesi terburuk dalam beberapa dasawarsa. Ketua Dewan Penasihat Ekonomi, Alan Krueger, mengatakan ekonomi menambah lebih dari dua juta pekerjaan selama setahun terakhir, sementara laju pertumbuhan lapangan kerja meningkat.
XS
SM
MD
LG