Tautan-tautan Akses

Angka Kemiskinan di Rusia Meningkat Tajam


Warga Rusia melakukan unjuk rasa di St. Petersburg, memrotes kenaikan harga dan meningkatnya angka kemiskinan (foto: dok).

Warga Rusia melakukan unjuk rasa di St. Petersburg, memrotes kenaikan harga dan meningkatnya angka kemiskinan (foto: dok).

Sebanyak 19,2 juta warga Rusia – atau sekitar 13% dari jumlah penduduk – hidup di bawah garis kemiskinan resmi, yaitu 9.663 rubel atau 142 dolar per bulan.

Badan statistik Rusia mengatakan jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan tahun lalu meningkat tajam hingga hampir 20%.

Hasil kajian statistik tahun lalu yang dilaporkan hari Senin (21/3) menyatakan 19,2 juta warga Rusia – atau sekitar 13% dari jumlah penduduk – hidup di bawah garis kemiskinan resmi yaitu 9.663 rubel atau 142 dolar per bulan. Ini berarti terjadi kenaikan tajam dibanding tahun 2014 yang “hanya” 3,1 juta.

Ekonomi Rusia terpukul keras dalam dua tahun terakhir ini, baik karena gabungan akibat jatuhnya harga minyak dunia – yang menjadi sumber pendapatan utama Rusia – dan sanksi-sanksi Barat terhadap peran Rusia dalam konflik di Ukraina Timur dan aneksasi Krimea.

Mantan Menteri Keuangan Rusia yang berpengaruh – Alexei Kudrin – mengatakan kepada kantor berita Rusia TASS bahwa ekonomi Rusia bisa anjlok hingga 2% tahun ini jika harga minyak masih tetap rendah. [em]

XS
SM
MD
LG