Tautan-tautan Akses

Timnas Spanyol Tetap di Peringkat Teratas Ranking Terbaru FIFA


Timnas Spanyol tetap berada di peringkat pertama sejak menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Eropa 2012 (foto: dok).

Timnas Spanyol tetap berada di peringkat pertama sejak menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Eropa 2012 (foto: dok).

Juara bertahan dan pemegang Piala Dunia, Spanyol memperpanjang dominasinya dengan tetap menempati peringkat teratas peringkat timnas sepakbola FIFA.

Menjelang turnamen sepakbola Piala Dunia 2014 yang diadakan di Brazil bulan Juni sampai Juli, Federasi Sepakbola Internasional FIFA mengeluarkan ranking negara terkuat dalam sepakbola hari Kamis (16/1). Juara bertahan dan pemegang Piala Dunia, Spanyol memperpanjang kedudukannya sebagai negara top dalam sepakbola.

Ke-25 negara yang menduduki tempat teratas tetap tidak berubah. Setelah Spanyol tempat ke-2 diduduki Jerman disusul Argentina di tempat ke-3. Tuan- rumah Piala Dunia tahun ini Brazil berada di tempat ke-10. Sedang Inggris di tempat ke-13 di belakang Yunani yang berada di tempat ke-12.

Pergeseran terbesar dicapai Mesir yang naik 10 peringkat menjadi peringkat ke-31, dari tadinya peringkat 41. Ini berkat devaluasi pertandingan-pertandingan lama dalam siklus ranking empat tahun.

Hanya 18 pertandingan yang dilakukan sejak daftar rangking terakhir dikeluarkan bulan Desember, dan tidak satupun melibat negara-negara sepakbola besar.

Ranking bulan Februari depan mungkin mencakup banyak pergeseran sebab akan memasukkan kejuaraan antar bangsa Afrika (African Nations Championship) bulan ini. Ini adalah turnamen kontinental yang hanya boleh diikuti oleh pemain yang bermain dalam liga dalam negeri masing-masing.

Timnas Indonesia tidak mengalami peningkatan peringkat dan tetap terpuruk pada peringkat ke-161 dari 207 negara, lebih rendah dari peringkat negara-negara ASEAN lainnya, kecuali Kamboja (189) dan Brunei Darussalam (190).

Negara-negara ASEAN lainnya memiliki peringkat sebagai berikut: Filipina (127), Myanmar (129), Vietnam (143), Thailand (148), Singapura (149), Laos (153), dan Malaysia (154).
XS
SM
MD
LG