Tautan-tautan Akses

AS

Tim Jaksa Montana Mulai Sidang Penembakan Siswa Pertukaran Pelajar


Markus Kaarma di rumahnya di Missoula, Montana (Foto: dok).

Markus Kaarma di rumahnya di Missoula, Montana (Foto: dok).

Tim jaksa negara bagian Montana memulai persidangan terhadap Markus Kaarma di kota Missoula, pelaku penembakan terhadap pelajar pertukaran SMA dari Jerman, Diren Dede, (17 tahun).

Penembakan terjadi di dalam garasi Markus Kaarma, yang kemudian didakwa melakukan pembunuhan yang disengaja. Jika terbukti bersalah, dia dapat dihukum hingga 10 tahun penjara.

Tim pengacara Kaarma berargumen bahwa dia mempertahankan rumahnya dan takut akan keselamatan dirinya, lalu melepaskan tembakan ke dalam garasinya, bulan April lalu.

Kata tim jaksa, Kaarma memerangkap dengan membiarkan pintu garasinya terbuka dan meninggalkan dompetnya di dalam, sebelum menembak tanpa memberi peringatan.

Pernyataan itu menjadi sebuah uji coba lain lagi bagi undang-undang Amerika "stand your ground" yang berarti “tetaplah bersiteguh.” UU itu mempermudah orang untuk menembak seseorang dan menghindari tuntutan, dengan mengatakan bahwa dia merasa terancam.

Pemerintah Jerman mengikuti kasus Montana itu dengan seksama dan telah mengecam pembunuhan Dede seba gai tindakan yang keterlaluan dan tidak berisiko.

XS
SM
MD
LG