Tautan-tautan Akses

Tim-tim Balap Formula 1 Ramai-ramai Ganti Nama


Pembalap Jerome d'Ambrosio (foto: dok) dari tim Renault, salah dari tim Formula 1 yang berganti nama.

Pembalap Jerome d'Ambrosio (foto: dok) dari tim Renault, salah dari tim Formula 1 yang berganti nama.

Tim Lotus akan berganti nama menjadi Caterham, Renault kembali menjadi Lotus dan Virgin Racing berganti nama menjadi Marussia.

Setelah melakukan pertemuan yang berlarut-larut di Jenewa hari Kamis, sumber-sumber menegaskan bahwa tim-tim balap formula satu, Lotus, Renault dan Virgin Racing semuanya sepakat menerima keputusan mengganti nama mereka untuk balapan pada awal musim tahun depan.

Berarti mulai tahun 2012, tim Lotus akan berganti nama menjadi Caterham, Renault kembali menjadi Lotus dan Virgin Racing akan berganti nama menjadi Marussia.

Perubahan masih perlu disetujui secara resmi oleh organisasi FIA World Motor Sport Council, tapi hal itu hanya formalitas, karena presiden FIA Jean Todt adalah anggota Komisi Formula 1.

Diperkirakan tidak akan ada pernyataan publik tentang isu itu dari salah satu tim yang terlibat sampai pertemuan WMSC dilakukan tanggal 7 Desember.

Keputusan untuk menyetujui perubahan nama berarti akan mengakhiri perselisiahan atas nama Lotus di Formula 1, selama ini Tim Lotus F1 berselisih dengan perusahaan mobil Grup Lotus.

Upaya menyelesaikan masalah itu telah berlangsung lama di pengadilan, dan dengan dicapainya kesepakatan itu berarti tim Renault yang berbasis di Enstone sekarang menjadi satu-satunya tim yang akan mengenakan seragam Lotus.


Sementara tim Lotus akan menggunakan nama Caterham, kurang dari satu tahun setelah Tony Fernandes membeli perusahaan mobil sport itu.

XS
SM
MD
LG