Tautan-tautan Akses

Kalahkan Rusia, Spanyol Tantang AS di Final Bola Basket Olimpiade


Tim bola basket Spanyol (kostum merah-merah) berhasil mengalahkan tim Rusia (putih) melalui pertandingan ketat dalam olimpiade London hari Jumat (10/8).

Tim bola basket Spanyol (kostum merah-merah) berhasil mengalahkan tim Rusia (putih) melalui pertandingan ketat dalam olimpiade London hari Jumat (10/8).

Timnas bola basket putra Spanyol menang 67-59 dari timnas Rusia, sementara tim AS mengalahkan Argentina dengan skor 109-83.

Jose Calderon mencetak total 14 poin, 12 poin dicetak dalam babak kedua dan Pau Gasol menambah 16 poin bagi timnas bola basket putra Spanyol yang menang 67-59 dari Rusia dalam turnamen bola basket Olimpiade hari Jumat.

Dengan kemenangan di semifinal ini, Pau Gasol dan kawan-kawan bersiap menghadapi babak final Olimpiade untuk kedua kali berturut-turut menghadapi tim Amerika.

Tim Amerika yang diperkuat bintang-bintang NBA antara lain Lebron James, Kobe Bryant, dan Kevin Durant dengan mudah menaklukkan timnas Argetina dengan skor 109-83.

Harapan tim Spanyol melaju ke babak final hampir sirna menjelang turun minum. Mereka tertinggal 13 poin pada babak pertama dan 11 poin tertinggal sebelum waktu turun minum. Tim Spanyol bangkit menunjukan dirinya sebagai peraih medali perak Olimmpiade tahun lalu dan memperlihatkan permainannya sebagai tim peringkat kedua dunia.

Spanyol hanya mencetak skor dari 21 persen lemparan yang dilakukan dalam babak pembukaan, tetapi bangkit kembali untuk memperjuangkan medali emas pertama Olimpiade. Setelah peluit akhir dibunyikan, para pemain timnas Spanyol masuk tribun penonton dan memeluk beberapa anggota keluarga kerajaan Spanyol.

Atlet Rusia Sasha Kaun mencetak 14 poin dan Andrei Kirilenko mencetak 10 poin bagi tim Rusia.

Sementara itu dari cabang atletik, Amerika dan Jamaika maju ke babak final nomor 4x400 meter estafet putri Jumat malam.

Kedua tim favorit itu dengan mudah memenangkan babak penyisihan mereka. Peraih medali perunggu nomor 400 meter DeeDee Trotter menjadi pelari terakhir setelah Keshia Baker, Francena McCorory dan Diamond Dixon, tim Amerika mencatat waktu 3 menit 22,09 detik.

Tim Jamaika; Christine Hari, Shereefa Lloyd, Shericka Williams dan Rosemarie Whyte memenangkan babak penyisihan dengan catatan waktu 3 menit 25,13 detik.

Rusia, Inggris, Ukraina, Prancis, Republik Ceko dan Nigeria juga lolos ke babak final hari Sabtu malam.

Amerika menjuarai empat medali emas Olimpiade terakhir dalam nomor tersebut. Sanya Richards-Ross, peraih medali emas dalam 400 meter, diperkirakan akan bergabung dengan tim Amerika dalam babak final.
XS
SM
MD
LG