Tautan-tautan Akses

AS

Tim Scott Anggota Senat Berkulit Hitam Satu-Satunya


Anggota Kongres Tim Scott menjadi senator keturunan Afrika pertama yang berasal dari daerah selatan selama 130 tahun terakhir. (Foto: Dok)

Anggota Kongres Tim Scott menjadi senator keturunan Afrika pertama yang berasal dari daerah selatan selama 130 tahun terakhir. (Foto: Dok)

Mengisi kekosongan kursi, anggota Kongres dari Partai Republik, Tim Scott, jadi satu-satunya warga Amerika keturunan Afrika di Senat.

Anggota Kongres Tim Scott dari Partai Republik yang konservatif ditunjuk Senin (17/12) oleh gubernur negara bagian itu, Nikki Haley, untuk mengambil alih kursi yang ditinggalkan Senator Jim DeMint yang tanpa diduga mengundurkan diri baru-baru ini. Ia meninggalkan kursi Senat untuk memimpin kelompok “think tank” konservatif di Washington.

Scott akan menjadi satu-satunya warga Amerika keturunan Afrika yang kini menjadi anggota Senat yang terdiri atas 100 anggota. Ia juga akan menjadi senator kulit hitam pertama dalam 130 tahun terakhir dari selatan, wilayah Amerika yang menjadi fokus konflik yang menuai kekerasan di negara itu terkait hak-hak sipil warga kulit hitam pada 1960an.

Scott, 47, memiliki perusahaan agen asuransi. Ia akan mengisi kursi Senat itu untuk dua tahun sebelum menghadapi pemilihan pada 2014 untuk masa jabatan dua tahun terakhir dari masa jabatan enam tahun DeMint.
XS
SM
MD
LG