Tautan-tautan Akses

Tim SAR Indonesia dan Australia Selamatkan 45 Pencari Suaka


Petugas Australia mencegat kapal pencari suaka asal Asia dengan tujuan Australia atau Selandia Baru (foto: dok).

Petugas Australia mencegat kapal pencari suaka asal Asia dengan tujuan Australia atau Selandia Baru (foto: dok).

6 orang berhasil diselamatkan Kamis pagi, kira-kira 75 kilometer sebelah barat daya pulau Jawa, setelah mereka berada hampir satu hari dalam air.

Tim SAR di lepas pantai Indonesia berhasil menyelamatkan 45 orang setelah sebuah kapal yang mengangkut para pencari suaka tenggelam.

Badan Keselamatan Maritim Australia mengatakan tiga dari korban yang diselamatkan Kamis mengalami cedera serius namun berada dalam kondisi stabil.

Sebuah kapal patroli Angkatan Laut Australia bekerja sama dengan sejumlah kapal dagang mencari 105 orang lainnya yang diketahui menaiki kapal itu Rabu setelah seseorang menyampaikan panggilkan SOS yang melaporkan adanya kerusakan mesin.

Banyak di antara orang-orang yang diselamatkan hari Kamis itu telah lebih dari satu hari berada dalam air, di sebelah barat daya pulau Jawa.

Menteri Dalam Negeri Australia Jason Clare mengatakan ada “keprihatinan yang serius” mengenai nasib orang-orang yang belum ditemukan.

Pencari suaka sering mencoba pelayaran yang berbahaya dari Indonesia ke pulau Christmas, Australia, dan sering dengan bantuan penyelundup.

XS
SM
MD
LG