Tautan-tautan Akses

Tim SAR Angkat Jenazah 8 Penambang di Afrika Selatan


Para penambang berkabung atas tewasnya rekan mereka yang terjebak di bawah tanah, di tambang emas Harmony di Doornkop, dekat Johannesburg (6/2).

Para penambang berkabung atas tewasnya rekan mereka yang terjebak di bawah tanah, di tambang emas Harmony di Doornkop, dekat Johannesburg (6/2).

Gempa yang mengakibatkan kebakaran dan menjatuhkan batu-batu di tambang Doornkop dekat Johannesburg, mengakibatkan 17 penambang terjebak di bawah tanah, Selasa (4/2).

Jenazah delapan penambang Afrika Selatan yang terjebak di bawah tanah akibat kecelakaan Selasa (4/2) lalu telah diangkat. Tim SAR masih terus mencari satu penambang lainnya yang hingga Kamis (6/2) masih dianggap hilang, sementara pemerintah berjanji akan melakukan penyelidikan.

Gempa yang mengakibatkan kebakaran di bawah tanah dan menjatuhkan batu-batu di tambang Doornkop yang terletak dekat Johannesburg, mengakibatkan 17 penambang terjebak. Delapan dari mereka berhasil mencapai kamar perlindungan dan berhasil diselamatkan, Rabu (5/2).

Menteri Sumber Daya Afrika Selatan, Susan Shabangu mengatakan insiden itu merupakan pelajaran bagi kementeriannya dan industri penambangan. Ia juga mengatakan, dalam lima tahun terakhir pihaknya telah berusaha keras memperbaiki keamanan penambangan dalam lima tahun.

Afrika Selatan memiliki tambang-tambang emas paling dalam di dunia. Harmony, perusahaan yang memiliki tambang mengatakan kebakaran itu dilaporkan terjadi 1,7 kilometer di bawah tanah.
XS
SM
MD
LG