Tautan-tautan Akses

Tim Prabowo-Hatta Minta Ahmad Dhani Klarifikasi Video Klip Beratribut Nazi

  • Yudha Satriawan

Spanduk bergambar Ahmad dhani dan pasangan Capres Prabowo-Hatta di Solo. (VOA/Yudha Satriawan)

Spanduk bergambar Ahmad dhani dan pasangan Capres Prabowo-Hatta di Solo. (VOA/Yudha Satriawan)

Juru bicara tim, Hidayat Nur Wahid, mengatakan kontroversi video klip tersebut merugikan tim Prabowo-Hatta yang saat ini sedang menjalani masa kampanye pemilihan presiden.

Juru bicara tim pemenangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa, Hidayat Nur Wahid mengatakan akan melakukan klarifikasi kepada musisi Ahmad Dhani terkait tayangan video klip dengan atribut Nazi dan lagu yang merupakan hasil jiplakan.

Berbicara di sela-sela kampanye di Solo, Hidayat, yang juga merupakan petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengatakan kontroversi video klip tersebut merugikan tim Prabowo-Hatta yang saat ini sedang menjalani masa kampanye pemilihan presiden.

“Secara prinsip kita kita ingin mengklarifikasi dari Pak Ahmad Dhani, apa maksud dia memakai baju atau kostum itu. Juga lagu tema Prabowo-Hatta yang berjudul ‘Indonesia Bangkit’ sangat mirip dan mungkin jiplakan,” ujarnya, mengacu pada lagu yang mengambil musik dari ‘We Will Rock You’ karya grup legendaris Queen.

“Kalau atribut itu memang atribut Nazi, tentu itu sangat merugikan, kami sangat keberatan. Malah itu tidak produktif untuk strategi pemenangan capres tim kami. Kita ingin mengklarifikasi maksud Ahmad Dhani, kalau memang tindakan itu melanggar hukum, ya kita mendesak aparat untuk segera bertindak, untku koreksi Ahmad Dhani,” tambahnya.

Video klip musik berjudul Indonesia Bangkit masih mudah diakses di situs internet pengunggah rekaman video, Youtube.com, Kamis siang (26/6).

Tampak dalam tayangan video tersebut musisi Ahmad Dhani memakai seragam militer disertai atribut yang mirip dengan seragam militer Nazi.

Munculnya video klip tersebut mengundang reaksi di dalam dan luar negeri, termasuk pemberitaan di majalah Time dan majalah Der Spiegel di Jerman.

Sebagian warga di Solo mengatakan kecewa dengan penampilan dan dugaan penjiplakan lagu yang dilakukan Dhani. Salah seorang warga di Solo, Sri Hartanto, menyayangkan musisi Ahmad Dhani yang selama ini menjadi musisi produktif dan kreatif dengan berbagai lagu ciptaannya yang populer.

“Ahmad Dhani, dalam video itu memakai seragam Nazi itu secara kasat mata membuat banyak orang sangat kecewa. Sejarah menyatakan bahwa Hitler, Pemimpin Nazi, itu kan sebagai orang yang sangat kejam,” ujarnya.

“…untuk kreatifitasnya dia sama dengan menjiplak lagu lain bukan karyanya, itu, saya pikir tindakan yang nggak bagus. Ahmad Dhani harus punya karakter sendiri.”

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG