Tautan-tautan Akses

AS

Tim Pemeriksa FBI Memberi “Kesaksian yang Tidak Benar”


FBI logo

FBI logo

Surat kabar terkemuka di Amerika “Washington Post” mengatakan Biro Penyelidik Federal FBI dan Departemen Kehakiman “telah resmi mengakui” bahwa hampir seluruh tim pemeriksa “dalam unit forensik FBI memberi kesaksian tidak benar” terhadap para tersangka kriminal selama lebih dari 20 tahun, sebelum tahun 2000.

The Washington Post hari Sabtu (18/4) melaporkan bahwa menurut National Association of Criminal Defense Lawyers NACDL dan the Innocence Project, 26 dari 28 pemeriksa dalam unit perbandingan rambut mikroskopik Laboratorium FBI “melebih-lebihkan kesamaan forensik” untuk mendukung jaksa dalam lebih 95% dari 268 kasus pengadilan yang selama ini dikaji ulang.

NACDL dan the Innocence Project bekerjasama dengan pemerintah dalam apa yang digambarkan suratkabar itu sebagai “kajian terluas pasca dijatuhkannya vonis yang mempertanyakan bukti-bukti forensik."

Kasus-kasus yang dikaji-ulang mencakup 32 terdakwa yang dijatuhi hukuman mati. Empat belas di antaranya telah dieksekusi atau meninggal di dalam penjara, demikian pernyataan kelompok itu.

XS
SM
MD
LG