Tautan-tautan Akses

Tim PBB akan Selidiki Dugaan Senjata Kimia di Suriah


Juru bicara PBB Martin Nesirky hari Rabu (31/7) mengatakan tim pakar senjata kimia PBB akan berangkat ke Suriah sesegera mungkin.

Juru bicara PBB Martin Nesirky hari Rabu (31/7) mengatakan tim pakar senjata kimia PBB akan berangkat ke Suriah sesegera mungkin.

PBB mengatakan tim pakarnya akan berangkat ke Suriah untuk menyelidiki tiga lokasi di mana senjata-senjata kimia diduga telah digunakan.

Juru bicara PBB Martin Nesirky hari Rabu mengatakan misi ini akan pergi ke Suriah sesegera mungkin. Ia menambahkan salah satu persinggahan adalah desa Khan Al-Assal di pinggiran kota Aleppo. Ia tidak menyebut dua lokasi lainnya.

Khan Al-Assal dikenal sebagai kunci utama pertempuran untuk menguasai Aleppo – kota terbesar di Suriah. Baik kelompok oposisi maupun pasukan pemerintah Suriah saling tuduh telah menggunakan senjata kimia dalam pertempuran di desa itu awal tahun ini, yang menewaskan sekitar 30 orang.

Kunjungan PBB ini dilakukan setelah sebelumnya Kepala Badan Perlucutan Senjata PBB Angela Kane dan Kepala Tim Penyelidik Senjata Kimia PBB Ake Sellstorm berkunjung ke Damaskus. Keduanya berkunjung ke Damaskus atas undangan pemerintah Suriah.

Pasukan pemerintah dan pemberontak telah saling tuding soal penggunaan serangan kimia di Suriah.

Rejim Presiden Bashar Al-Assad ingin agar PBB menyelidiki satu insiden di Khan Al-Assal dan menolak mengijinkan penyelidikan yang lebih luas – termasuk akses ke lokasi-lokasi lain.

Sedikitnya 100 ribu orang tewas dalam pertempuran selama lebih dari dua tahun di Suriah, dan jutaan lainnya terpaksa mengungsi.
XS
SM
MD
LG