Tautan-tautan Akses

Tim Nuklir PBB Tiba di Teheran untuk Inspeksi Nuklir Iran


Herman Nackaerts, ketua tim pemeriksa nuklir IAEA memberikan keterangan di bandara Wina, Austria sebelum menuju Teheran (29/1).

Herman Nackaerts, ketua tim pemeriksa nuklir IAEA memberikan keterangan di bandara Wina, Austria sebelum menuju Teheran (29/1).

Tim pemeriksa nuklir PBB itu akan menyelidiki tuduhan tentang aspek militer dari program energi nuklir Iran.

Tim badan tenaga atom internasional (IAEA) pimpinan Herman Nackaerts itu tiba di Teheran hari Minggu untuk kunjungan selama tiga hari.

Ketika berangkat dari markas besar IAEA di Wina, Nackaerts mengatakan ia ingin supaya Iran membantunya untuk menyelidiki tuduhan-tuduhan bahwa Iran sedang berusaha membuat senjata nuklir yang disamarkan dibalik program nuklir untuk tujuan damai.

Iran telah berulang kali membantah tuduhan Amerika dan barat. Kata Nackaerts, wakil direktur jenderal IAEA, tim-nya ingin mengadakan dialog dengan Iran tentang issue-issue yang diprihatinkan IAEA sejak lama.

Tidak jelas fasilitas nuklir mana yang akan dikunjungi tim PBB itu atau pejabat Iran mana saja yang akan mereka temui.

IAEA tahun lalu mengeluarkan laporan yang mengatakan ada bukti bahwa Iran mengadakan kegiatan nuklir yang ditujukan untuk membuat senjata. Iran membantah laporan itu karena dibuat berdasarkan laporan intelijen barat.

XS
SM
MD
LG