Tautan-tautan Akses

Tim Nuklir PBB Akhiri Lawatan Tiga Hari di Iran


Ketua Tim Nuklir PBB untuk Iran, Herman Nackaerts (Foto: dok).

Ketua Tim Nuklir PBB untuk Iran, Herman Nackaerts (Foto: dok).

Para pengawas nuklir PBB telah menyelesaikan kunjungan tiga hari di Iran tanpa kemajuan jelas mengenai program energi atom Iran yang kontroversial.

Kantor berita separuh resmi Fars hari Selasa menyebut perundingan tersebut konstruktif. Kedua belah pihak, baik pejabat-pejabat Iran dan tim yang berkunjung, sepakat untuk melanjutkan dialog mereka. Laporan Fars mengatakan tanggal perundingan berikutnya telah ditentukan tapi tidak merincinya.

Inspektur senior Badan Energi Atom Internasional/ IAEA berkunjung ke Teheran hari Sabtu untuk bertemu dengan pejabat-pejabat Iran mengenai kecurigaan program pengayaan uranium negara Islam itu dirancang untuk membuat senjata nuklir. Iran mengatakan tujuannya hanyalah untuk menghasilkan listrik.

Media Iran melaporkan enam orang tim IAEA itu tidak mengunjungi lokasi nuklir dan mengatakan hanya membicarakan masalah-masalah legal dan teknis. Hari Selasa kantor berita separuh resmi ISNA mengatakan sebagian siswa garis keras Iran berkumpul di depan kantor Badan Tenaga Nuklir negara itu untuk memprotes kunjungan para inspektur itu,

Ketegangan dengan barat meningkat ketika Amerika dan Uni Eropa baru-baru ini memberlakukan sanksi-sanksi keras untuk memaksa Iran memberikan informasi lebih banyak mengenai program nuklirnya. Upaya-upaya itu untuk menghentikan penjualan minyak mentah oleh Iran yang menjadi pengekspor kedua terbesar OPEC.

XS
SM
MD
LG