Tautan-tautan Akses

Tim Kampanye Obama dan Romney Saling Serang dalam Iklan TV

  • Yoni Puspadi

Pendukung Mitt Romney membawa tulisan "Obama Bin Lyin'" sebelum kampanye capres partai Republik Mitt Romney (foto: dok). Tim kampanye Romney dan Obama saling serang dengan memasang iklan negatif atas lawan politiknya di TV.

Pendukung Mitt Romney membawa tulisan "Obama Bin Lyin'" sebelum kampanye capres partai Republik Mitt Romney (foto: dok). Tim kampanye Romney dan Obama saling serang dengan memasang iklan negatif atas lawan politiknya di TV.

Mitt Romney hari Kamis (9/8) menuduh Presiden Barack Obama dan sekutunya melancarkan serangan pribadi dan terus menerus berbohong mengenai dirinya di iklan TV.

Presiden Barack Obama berkampanye mengenai keadilan perekonomian kepada para pemilih di negara bagian Colorado sementara kampanye Mitt Romney dari partai Republik memprotes iklan serangan yang disiarkan oleh super PAC pendukung presiden Obama.

Jurubicara kampanye Romney, Andrea Saul mencap iklan yang mengaitkan Romney dengan kematian seorang perempuan akibat kanker sebagai “keji” tapi kampanye Obama menolak untuk meminta kelompok Priorities USA Action agar menarik iklan TV itu. Bill Burton mantan asisten Gedung Putih dan salah seorang pendiri kelompok itu membela iklan itu.

Dalam iklan tersebut, seorang pekerja pabrik besi mengatakan Romney dan perusahaan ekuitas yang didanainya mungkin ikut bertanggung jawab atas kematian istrinya akibat kanker karena perusahaan itu menutup pabriknya dan ia kehilangan asuransi kesehatan.

Mitt Romney sendiri hari Kamis menuduh presiden Barack Obama dan sekutunya melancarkan serangan pribadi dan terus menerus berbohong mengenai Romney di iklan TV. Partai Republik juga menayangkan iklan mereka yang mempertanyakan nilai-nilai Obama dan presiden itu melancarkan perang terhadap kebebasan beragama. Kampanye Obama membantah tuduhan itu.

Kampanye Mitt Romney , Rabu malam menuduh Presiden Obama “munafik” setelah presiden Obama mengeluhkan prilaku “keterlaluan” super PAC sekalipun kehebohan meningkat lantaran iklan kontroversial yang diluncurkan super PAC mendukung upaya Obama untuk terpilih kembali.

Presiden Obama mengeluh tentang kelompok-kelompok politik di luar partai itu seringkali terkait dengan kampanye kepresidenan dan mengatakan sewaktu kampanyenya di Colorado “Orang-orang menulis cek 10 juta dolar. Semua Super PAC ini betul-betul keterlaluan”.

Kampanye Romney yang terpana langsung mengecam komentar presiden itu, menganggap super PAC Priorities USA kini dikecam atas iklan yang mengaitkan kematian istri seorang pekerja pabrik besi itu dengan Romney. Selain itu pembantu senior kampanye Obama kini dituduh berbohong mengenai apa yang diketahuinya tentang laki-laki dalam iklan itu.

Sementara itu Juru bicara Pers Gedung Putih jay Carney mengaku ia belum pernah melihat iklan itu meskipun iklan itu sudah ditayangkan di media “saya tidak mewakili kelompok lain” kata Carney.

Super PAC dan kampanye presiden secara teknis adalah organisasi terpisah atau demikian seharusnya. Kedua kampanye presiden pada masa lampau telah mengemukakan mengenai keterpisahan itu apabila dipertanyakan mengenai iklan super PAC.

Sementara itu Kamis ini, Obama menghimpun pendukung di Pueblo dan Colorado Springs setelah berpidato dihadapan pemilih perempuan di Denver dan berusaha mengulurkan tangan kepada warga Grand Junction yang cenderung ke partai Republik. Ia menang di Colorado tahun 2008, tapi Romney kini terlibat dalam persaingan ketat untuk memperebutkan sembilan electoral vote di negara bagian itu.

Di Colorado Obama berusaha menepiskan pendapat Romney bahwa Obama telah gagal menghidupkan ekonomi Amerika hampir empat tahun setelah resesi. Presiden Obama memberitahu pemilih di Grand Junction bahwa Romney kesulitan untuk menjelaskan bagaimana rencana pemangkasan pajak bisa berlanjut tanpa menambah defisit atau memaksa warga Amerika kelas menengah membayar lebih besar.

Romney menggalang dana di New York hari Kamis selagi kampanyenya bersiap-siap mengadakan kampanye dengan bis ke beberapa negara bagian yang diperebutkan dan juga membuat keputusan mengenai siapa pendampingnya.

Mitt Romney tidak pernah menyinggung topik mengenai siapa yang akan menjadi pendampingnya padahal Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa, Florida tinggal sekitar tiga minggu lagi.

Jajak pendapat baru Universitas Quinnipiac menunjukkan kedudukan Obama dan Romney seri dikalangan pemilih di Colorado yang berpendapatan antara 30 ribu sampai 50 ribu dolar per tahun, salah satu sasaran yang penting. Obama unggul di kalangan pemilih berpendapatan rendah sementara Romney didukung oleh mereka yang berpenghasilan lebih besar.

Sewaktu Romney berkampanye di Iowa hari Rabu a ia mendapat tepuk tangan meriah karena berjanji untuk mencabut “Obamacare” cap yang dipakai oleh Partai Republik untuk mencemooh UU asuransi kesehatan Obama.

“Itu bukan berarti layanan kesehatan sempurna,” kata Romney. “Kita harus melakukan beberapa reformasi dalam layanan kesehatan” Dan seperti yang anda ketahui saya berpengalaman melakukannya” tambah Romney.

Obama berkampanye di Denver di depan massa yang umumnya perempuan mengatakan menyukai julukan “Obamacare” itu. Ia mengatakan saya suka pada julukan itu karena saya memang peduli, ujarnya.
XS
SM
MD
LG