Tautan-tautan Akses

AS

Tim Jaksa AS akan Selidiki Kebocoran Informasi Rahasia


Jaksa Agung AS Eric Holder menugaskan penyelidikan atas kebocoran informasi rahasia pemerintah baru-baru ini.

Jaksa Agung AS Eric Holder menugaskan penyelidikan atas kebocoran informasi rahasia pemerintah baru-baru ini.

Jaksa Agung Eric Holder telah menugaskan dua jaksa federal untuk memimpin penyelidikan atas kebocoran informasi rahasia pemerintah baru-baru ini.

Ronald Machen – jaksa untuk distrik Columbia, dan Rod Rosenstein – jaksa untuk distrik Maryland, akan memimpin penyelidikan terpisah yang saat ini sedang dilakukan oleh FBI.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari Jum’at, Eric Holder mengatakan pengungkapan informasi rahasia secara tidak sah “tidak dapat ditolerir”. Ia menambahkan kedua jaksa itu akan memiliki otoritas penuh untuk mengadili setiap pelanggaran kriminal yang mereka temukan.

Para anggota parlemen pekan ini mengkritik tajam kebocoran informasi di media baru-baru ini tentang operasi-operasi inteljen rahasia Amerika. Informasi itu mencakup laporan-laporan tentang upaya Amerika untuk menggagalkan program nuklir Iran lewat serangan-serangan dunia maya, dan rincian tentang target pembunuhan beberapa pemimpin Al-Qaeda. Beberapa anggota Partai Republik menilai Gedung Putih telah membocorkan dengan sengaja informasi itu untuk menunjang upaya terpilihnya kembali Presiden Barack Obama.

Berbicara kepada para wartawan hari Jumat, Presiden Barack Obama mengatakan pernyataan bahwa pemerintahannya telah dengan sengaja merilis informasi rahasia merupakan hal yang “menyerang”.

Presiden Barack Obama mengatakan ia “tidak mentolerir” kebocoran informasi sensitif dan pemerintahnya akan melakukan penyelidikan menyeluruh, seperti yang dilakukannya pada masa silam.

Empat pemimpin bipartisan Komite Inteljen di DPR dan Senat mengatkaan mereka sedang membahas RUU yang dimaksudkan untuk menghentikan kebocoran informasi keamanan.

Ketua Komite Kehakiman DPR – Lamar Smith – yang merupakan anggota Partai Republik dari negara bagian Texas mengatakan dalam sebuah pernyataan, ia berharap Departemen Kehakiman akan melakukan “penegakan hukum penuh” terhadap mereka yang bertanggungjawab. Ia mengatakan para pejabat perlu mengirim pesan yang jelas bahwa “jika anda membocorkan informasi rahasia, anda akan menghadapi hukuman penjara”.


XS
SM
MD
LG