Tautan-tautan Akses

Tim Hoki Es Putri Kanada Rebut Emas Keempat Olimpiade


Tim Hoki Es Putri Olimpiade Sochi

Tim Hoki Es Putri Olimpiade Sochi

Tim hoki es putri Kanada memenangkan medali emas keempat Olimpiade berturut-turut, mengalahkan Amerika 3-2, dalam pertandingan menegangkan melalui perpanjangan waktu di Sochi.

Marie-Philip Poulin mencetak gol kemenangan dalam delapan menit memasuki perpanjangan waktu hari Kamis di Bolshoi Ice Dome, memaksa saingan terberat Kanada di Amerika Utara harus puas meraih perak.

Kebangkitan permainan tim Kanada memaksa perpanjangan waktu. Tertinggal 2-0 pada awal babak ketiga, Kanada menyamakan kedudukan pada menit-menit terakhir melalui gol-gol dari Brianne Jenner dan Poulin. Gol Poulin dicetak setelah Kanada menurunkan kipernya ke lini depan untuk menambah penyerang.

Amerika meraih emas dalam hoki es putri ketika cabang olahraga itu memulai debutnya di Olimpiade Nagano tahun 1998. Semenjak itu, Kanada telah memenangkan empat pertandingan final, mengalahkan Amerika untuk emas tahun 2002, 2010 dan kini tahun 2014. Kanada juga mengalahkan Amerika, 3-2, dalam pertandingan babak penyisihan di Olimpiade Sochi.

Juga hari Kamis, Adelina Sotnikova memenangkan medali emas Olimpiade pertama dalam nomor figure skating untuk Rusia dengan cara yang menakjubkan, mengalahkan juara bertahan Kim Yuna dari Korea Selatan.

Sotnikova usia 17 tahun mencetak skor 224.59, 5.48 poin unggul atas Kim Yuna, peraih medali perak. Atlet skater Italia Carolina Kostner merebut medali perunggu.

Kim Yuna berusaha menjadi altet putri ketiga yang memenangkan gelar juara Olimpiade berturut-turut setelah atlet Norwegia Sonja Henie, pemegang tiga gelar antara tahun 1928 dan 1936, dan atlet Jerman Katarina Witt pada tahun 1984 dan 1988.
XS
SM
MD
LG