Tautan-tautan Akses

30 Negara Asia-Pasifik Hadiri Konferensi Terorisme di Australia


Perdana Menteri Australia Tony Abbott (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Tony Abbott (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia mengatakan dalam konferensi kawasan Asia-Pasifik bahwa terorisme adalah bentuk modern pengkhianatan dan tantangan keamanan paling besar kawasan tersebut.

Perdana Menteri Tony Abbott menyampaikan pidato pembukaan hari Kamis (11/6) di hadapan para delegasi dari kira-kira 30 negara yang menghadiri konferensi di Sydney mengenai perlawanan terhadap propaganda terorisme dan peningkatan kerjasama kawasan.

PM Tony Abbot memperingatkan tentang ambisi global kelompok militan Negara Islam (ISIS) dan mengatakan harus lebih banyak lagi yang dilakukan untuk mengatasi pandangan ekstremis ISIS yang menjadi daya pikatnya bagi banyak orang.

Ia mengatakan bahwa Australia mencari cara-cara untuk bersikap lebih keras terhadap warga negaranya yang turut berjuang bersama kelompok-kelompok teroris di luar negeri itu, suatu tindakan yang ia sebut sebagai bentuk makar modern.

Tetapi pemimpin Australia yang konservatif itu mengakui bahwa “pertahanan yang benar-benar efektif dalam melawan terorisme hanyalah dengan meyakinkan mereka bahwa perbuatan mereka itu sia-sia.”

Lebih dari itu, ujarnya, yang diperlukan negara adalah orang-orang muda idealis yang memahami bahwa bergabung dengan kelompok tersebut merupakan cara yang benar-benar keliru untuk menunjukkan keinginan berkorban.

KTT dua hari itu dihadiri para pejabat dari sekitar 30 negara, serta para delegasi dari berbagai perusahaan teknologi besar, termasuk di antaranya Facebook, Twitter, and Google.

XS
SM
MD
LG