Tautan-tautan Akses

3 Tewas dalam Pemboman Bunuh Diri di Tiongkok


Warga Tiongkok di provinsi Yunnan (foto: dok). Pemerintah setempat sering merelokasi paksa penduduk untuk pengembangan lahan.

Warga Tiongkok di provinsi Yunnan (foto: dok). Pemerintah setempat sering merelokasi paksa penduduk untuk pengembangan lahan.

Seorang wanita yang memprotes pembongkaran rumahnya oleh pemerintah, meledakkan bom di kantor perumahan setempat di Tiongkok barat daya.

Tiongkok mengatakan tiga orang tewas dan empat lainnya luka parah dalam pemboman bunuh diri, ketika seorang wanita yang memprotes pembongkaran rumahnya oleh pemerintah meledakkan bom di kantor perumahan setempat di Tiongkok barat daya.

Kantor berita Xinhua mengutip laporan lokal yang mengatakan perempuan itu, yang tewas seketika, berusaha menegosiasikan ganti rugi untuk pembongkaran di Zhaotong, sebuah kota di provinsi Yunnan.

Laporan tersebut mengutip seorang saksi mata yang mengatakan tersangka pembom meledakkan bahan peledak setelah pejabat memintanya menandatangani dokumen.

Tidak ada rincian lain yang segera dilaporkan. Tetapi relokasi paksa oleh pemerintah daerah yang berusaha meningkatkan pengembangan lahan dalam beberapa tahun belakangan telah memicu beberapa protes menyolok, termasuk pengambilalihan sebuah desa di Tiongkok selatan tahun 2011 oleh warga yang marah dan memprotes perampasan tanah yang tidak adil.
XS
SM
MD
LG