Tautan-tautan Akses

3 Warga Asing Berhasil Capai Puncak Everest


Para pendaki mendekati kemah pemberhentian di gunung Everest, Nepal, 22 Februari 2016 (Foto: dok).

Para pendaki mendekati kemah pemberhentian di gunung Everest, Nepal, 22 Februari 2016 (Foto: dok).

Kenton Cool, 42 tahun, Robert Richard Lucas, 47 tahun, dan David Liano Gonzalez, 36 tahun, mencapai puncak di ketinggian 8.850 meter itu Kamis pagi dan telah kembali turun.

Dua warga Inggris dan seorang Meksiko telah mencapai puncak Gunung Everest bersama dengan tiga pemandu Nepal. Mereka adalah orang-orang asing pertama yang berhasil mencapai puncak itu dalam dua tahun ini, kata para pejabat hari Kamis.

Kenton Cool (42 tahun), Robert Richard Lucas (47 tahun), dan David Liano Gonzalez (36 tahun), mencapai puncak di ketinggian 8.850 meter itu Kamis pagi (12/5) dan telah turun kembali.

Satu tim terdiri dari sembilan sherpa mencapai puncak Everest hari Rabu dari arah Nepal untuk memperbaiki tali temali bagi para pendaki asing menjelang dimulainya pendakian pertama tahun ini dengan kondisi cuaca cerah.

Gempa dahsyat menewaskan 19 pendaki di base camp tahun lalu, menyebabkan musim pendakian dihentikan. Everest juga tidak dibuka bagi para pendaki pada tahun 2014 setelah salju longsor menewaskan 16 sherpa pemandu di atas base camp. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG