Tautan-tautan Akses

3 Orang Tewas dalam Upaya Kudeta di Chad


Presiden Chad, Idriss Déby (foto: dok). Upaya kudeta hari Kamis (2/5) di Chad berhasil digagalkan.

Presiden Chad, Idriss Déby (foto: dok). Upaya kudeta hari Kamis (2/5) di Chad berhasil digagalkan.

Sekurangnya tiga orang tewas dalam tembak menembak di Chad, dalam sebuah upaya kudeta yang gagal hari Kamis (2/5).

Sekurangnya tiga orang tewas dalam tembak menembak di Chad negara Afrika tengah itu sewaktu menurut pihak berwenang terjadinya upaya gagal untuk menjatuhkan pemerintah.

Pemerintah Chad mengatakan bahwa satu “kelompok kecil” selama empat bulan lebih berkonspirasi untuk “membuat lembaga-lembaga republik itu tidak stabil”.

Pasukan keamanan yang belakangan ini telah memantau para individu itu. berhadapan dengan mereka yang diduga berkonspirasi itu Rabu malam dekat ibukota, N'Djamena, memicu tembak menembak yang menewaskan tiga orang.

Jaksa di negara Chad mengatakan empat pejabat termasuk dua jenderal dan dua anggota parlemen ditangkap sehubungan dengan rencana itu.

Salah seorang anggota parlemen itu diketahui sebagai tokoh oposisi Saleh Maki sementara yang lainnya, Mahamat Kadre adalah anggota parlemen dari partai yang berkuasa.

Chad telah mengalami serangkaian kudeta dan pemberontakan termasuk satu di antaranya yang dipimpin oleh Presiden saat ini, Idriss Deby yang merebut kekuasaan tahun 1990.
XS
SM
MD
LG