Tautan-tautan Akses

3 Tentara Perancis Tewas dalam Operasi di Libya


Helikopter militer Perancis yang diberangkatkan untuk misi ke Libya (foto: dok).

Helikopter militer Perancis yang diberangkatkan untuk misi ke Libya (foto: dok).

Tiga tentara Perancis tewas di Libya, demikian diungkapkan kementerian pertahananan negara itu hari Rabu (20/7).

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahananan Perancis mengatakan, “Menteri Pertahanan Jean-Yves Le Drian menyesalkan tewasnya tiga tentara Perancis dalam sebuah misi di Libya. Ia memuji keberanian dan pengabdian personel militer Perancis yang setiap harinya melangsungkan misi berbahaya melawan teroris.”

Kementerian itu tidak mengungkapkan bagaimana ketiga tentara itu tewas, namun mereka merupakan korban militer pertama yang dilaporkan setelah sebelumnya tahun ini terungkap fakta bahwa pasukan khusus sedang beroperasi di kawasan Libya.

Perancis telah menerbangkan jet-jet yang melangsungkan misi pengintaian di atas Libya. Kepada parlemen bulan lalu, Le Drian mengungkapkan bahwa Perancis telah melangsungkan misi tersebut untuk mengetahui keadaan di Libya.

Sejak tahun ini, militer Perancis, bersama militer Inggris dan AS, telah mendukung pemerintah persatuan Libya dalam memerangi para jihadis dari kelompok ISIS.

IS telah membangun kubu pertahanan di Sirte, sebuah kota pantai di Libya. Pasukan Libya telah berusaha merebut kembali kota itu selama dua bulan terakhir. [ab/as]

XS
SM
MD
LG