Tautan-tautan Akses

AS

3 Tentara Afghanistan Berusaha Masuk Kanada


Pintu masuk ke pangkalan Gabungan Cape Cod di negara bagian Massachusetts, AS (foto: dok). Tiga tentara Afghanistan melarikan diri dari pangkalan ini.

Pintu masuk ke pangkalan Gabungan Cape Cod di negara bagian Massachusetts, AS (foto: dok). Tiga tentara Afghanistan melarikan diri dari pangkalan ini.

Tiga tentara Afghanistan, yang menghilang dari tempat latihan di pangkalan militer Amerika, ditangkap ketika berusaha masuk ke Kanada.

Jurubicara Pentagon Kolonel Steve Warren kepada VOA mengatakan ketiga tentara anggota Angkatan Darat Nasional Afghanistan itu ditemukan hari Senin (22/9) dekat Niagara Falls, New York, perbatasan Amerika-Kanada. Ia mengatakan, ketiganya kini ditahan polisi Patroli Perbatasan Kanada.

Belum jelas apakah pejabat-pejabat berencana memulangkan mereka ke Pangkalan Gabungan Cape Cod di negara bagian Massachusetts di mana mereka sedang berlatih bersama tentara Amerika dan tentara negara-negara lain.

Ketiga warga Afghanistan itu dilaporkan hilang hari Sabtu dan terakhir terlihat di pusat perbelanjaan. Belum jelas mengapa mereka meninggalkan latihan militer tersebut, meski pihak berwenang berspekulasi bahwa ketiganya mungkin hendak meminta suaka.

Amerika telah melakukan pelatihan tahunan sejak tahun 2004 untuk meningkatkan koordinasi militer dengan negara-negara lain.

Ketiga tentara itu diidentifikasi sebagai Mayor Jan Mohammad Arash, Kapten Mohammad Nasir Askarzada dan Kapten Noorullah Aminyar.

XS
SM
MD
LG