Tautan-tautan Akses

AS

3 Staf Paswalpres Obama Mundur akibat Skandal


Suasana di depan hotel El Caribe, Catagena, Kolombia (14/4). 11 anggota Paswalpres AS diduga berbuat asusila melibatkan PSK di Kolombia.

Suasana di depan hotel El Caribe, Catagena, Kolombia (14/4). 11 anggota Paswalpres AS diduga berbuat asusila melibatkan PSK di Kolombia.

Tiga dari sebelas staf Paswalpres AS yang diselidiki atas tuduhan melakukan tindakan tidak senonoh dengan sejumlah PSK di Kolombia mengundurkan diri.

Pasukan Pengawal Presiden AS yang dikenal dengan sebutan 'Secret Service' mengatakan, tiga dari sebelas staf yang diselidiki atas tuduhan melakukan tindakan tidak senonoh yang melibatkan sejumlah PSK di Kolombia, mengundurkan diri.

Asisten Direktur 'Secret Service' Paul Morissey mengatakan tiga staf yang mengundurkan diri, termasuk seorang 'supervisor' atau pengawas. Ia mengatakan penyelidikan atas skandal itu masih dalam tahap pendahuluan.

Sebelas personil 'Secret Service' yang ditempatkan di Kolombia menjelang kedatangan Presiden Barack Obama dalam KTT Amerika, dipulangkan dan dikenai cuti administratif selama proses penyelidikan. Pejabat-pejabat Pentagon mengatakan sedikitnya sembilan anggota militer juga terlibat dalam tindakan tidak senonoh itu.

Tokoh Partai Republik di Komite Urusan Pemerintahan dan Keamanan Dalam Negeri Senat, Susan Collins, mengatakan sedikitnya 20 wanita dibawa ke sebuah hotel di Kolombia dimana terjadi tindakan tidak senonoh yang dituduhkan yang melibatkan anggota-anggota 'Secret Service', staf militer dan PSK sebelum kedatangan Presiden Obama.

Kepala Staf Gabungan Amerika Jendral Martin Dempsey awal pekan ini mengatakan ia 'dipermalukan' oleh tuduhan skandal itu. Ia mengatakan 'Secret Service' telah mempermalukan Presiden Obama dengan menimbulkan gangguan pada pertemuan regional penting bagi presiden.

'Secret Service' mengatakan tidak seorang personil pun yang terlibat dalam kasus itu ditugaskan untuk melindungi Presiden Barack Obama.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG