Tautan-tautan Akses

32 Ribu Orang Ditangkap Sejak Kudeta yang Gagal di Turki


Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag (Foto: dok.)

Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag (Foto: dok.)

Menteri Kehakiman Turki mengatakan, 32 ribu orang telah ditangkap sejak terjadinya kudeta yang gagal di negara itu. Jumlah itu kemungkinan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Dalam sebuah wawancara langsung di stasiun televisi swasta NTV, Rabu, Bekir Bozdag mengatakan, 70 ribu orang telah diproses dan 32 ribu di antara mereka telah secara resmi ditangkap sejak usaha kudeta yang gagal 15 Juli lalu. Bozdag juga mengatakan, tergantung pada bukti dan informasi yang berhasil diperoleh dalam penyelidikan, kemungkinan akan ada penangkapan atau pembebasan baru.

Ia juga mengatakan, Turki menunjuk sebuah pengadilan di pinggiran ibukota, Ankara, untuk mengadili para tersangka perencana kudeta itu.

Turki mengatakan ulama Fethullah Gulen yang tinggal di AS mendalangi usaha kudeta yang mengakibatkan lebih dari 270 orang tewas itu. Turki juga menganggap Gullen pemimpin sebuah organisasi teroris. Bozdag mengatakan, AS perlu menangkap Gullen berdasarkan kesepkatan ekstradisi antara kedua negara. Ulama tersebut membantah semua tuduhan itu.

Lebih dari 50 ribu orang telah dipecat dari posisi mereka di kantor-kantor pemerintahan, termasuk militer, polisi, pengadilan, dan pendidikan, melalui keputusan presiden yang menyatakan negara dalam keadaan darurat menyusul kudeta itu. [ab/as]

XS
SM
MD
LG