Tautan-tautan Akses

3 Pria Ditahan di AS atas Tuduhan Dukung ISIS


Seorang tersangka pendukung ISIS ditangkap di bandara John F. Kennedy di New York (foto: ilustrasi).

Seorang tersangka pendukung ISIS ditangkap di bandara John F. Kennedy di New York (foto: ilustrasi).

Pejabat-pejabat Amerika hari Rabu (25/2) mengatakan tiga laki-laki yang diduga akan pergi ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok ISIS dan melancarkan perang terhadap Amerika, ditahan dengan tuduhan terorisme.

Akhror Saidakhmetov – warga negara Kazakhstan yang tinggal di Brooklyn – ditangkap di bandara internasional Kennedy ketika akan naik pesawat ke Istanbul, Turki.

Abdurasul Hasanovich Juraboev – warga Brooklyn yang adalah warga negara Uzbekistan – sudah memiliki tiket pesawat untuk terbang ke Istanbul bulan depan ketika ia ditangkap di Brooklyn.

Sementara pria ketiga, Abror Habibov – yang dituduh membantu mendanai Saidakhmetov – ditangkap pihak berwenang di Florida.

Belum jelas apakah ketiga laki-laki itu memiliki pengacara yang bisa memberikan komentar tentang dakwaan itu. Ketiganya dijadwalkan hadir di pengadilan federal Rabu sore. Jika terbukti bersalah, masing-masing bisa menghadapi hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Tim jaksa federal mengatakan Juraboev pertama kali menarik perhatian petugas keamanan bulan Agustus lalu, ketika ia memasang pesan di situs berbahasa Uzbek yang mempropagandakan ideologi ISIS. Pejabat-pejabat itu mengatakan mereka yakin Juraboev berencana pergi ke Suriah lewat Turki untuk bergabung dengan kelompok ISIS,Tim jaksa menambahkan Juraboev bersama Saidakhmetov juga mengancam akan menyerang Amerika jika mereka tidak bisa bergabung dengan ISIS.

Anggota kelompok ISIS umumnya adalah militan Sunni dari Irak dan Suriah, tetapi juga menarik para pejuang dari seluruh negara Muslim dan Eropa.

Pejabat-pejabat federal Amerika telah menyampaikan peringatan kemungkinan adanya warga Amerika yang pergi ke Suriah untuk bertempur bersama ISIS atau dilatih disana dan kemudian kembali ke Amerika guna melancarkan serangan di tanah air.

XS
SM
MD
LG