Tautan-tautan Akses

Pentagon: 3 Pemimpin ISIS Tewas dalam Serangan Udara


Juru bicara pasukan koalisi, Steve Warren memberikan keterangan kepada media (foto: dok).

Juru bicara pasukan koalisi, Steve Warren memberikan keterangan kepada media (foto: dok).

Juru bicara Pentagon Kamis (10/12) mengatakan serangan udara koalisi di Irak dan Suriah telah menewaskan tiga pemimpin senior ISIS.

Pentagon mengatakan serangan-serangan udara koalisi pimpinan Amerika di di Irak dan Suriah telah menewaskan tiga pemimpin senior ISIS termasuk pejabat keuangan kelompok ekstremis itu.

Juru bicara pasukan koalisi, Steve Warren hari Kamis (10/12) mengatakan Abu Salah, bertanggung jawab mengoordinir aktivitas pemerasan kelompok itu. Warren menyebut Salah sebagai salah seorang pemimpin yang paling berpengalaman dalam kelompok itu dan mengatakan kematiannya akan mengacaukan kemampuan ISIS melakukan aktivitas penggalangan dana.

Warren juga mengatakan serangan udara koalisi telah menewaskan 350 anggota ISIS di kota Ramadi, Irak. Pasukan Irak sudah merebut kembali bagian-bagian kota itu minggu lalu tapi ISIS masih menguasai sebagian besar kota itu.

Hari Kamis pejabat senior keuangan Amerika mengatakan ISIS adalah organisasi kaya yang pendanaannya sulit dikacaukan.

Adam Szubindari dari Kantor Intelijen Keuangan dan Terorisme berbicara di London di mana ia memberi rincian ringkas mengenai kekayaan ISIS - lebih dari 500 juta dolar dari penjualan minyak di pasar gelap, hampir satu miliar dolar dijarah dari brankas-brankas bank di Suriah dan Irak, serta jutaan dolar yang secara brutal diperas dari warga Irak dan Suriah.

Szubin mengatakan Amerika bekerja sama dengan mitra koalisinya dan pemerintah Irak untuk mematahkan keuangan ISIS dan memutuskan hubungannya dengan sistem keuangan global. Ia mengatakan teroris memerlukan akses ke sistem perbankan dunia untuk memindahkan uang, dana dan pasokan impornya.

Szubin mengatakan ISIS punya kelemahan. Serangan-serangan koalisi terhadap ladang-ladang minyak, tanker, dan penyulingannya telah menurunkan perolehan dari salah satu sumber dana terpenting kelompok itu.

Menteri Keuangan Amerika Jacob Lew akan memimpin KTT menteri-menteri keuangan DK PBB di New York minggu depan untuk membahas mengenai keuangan ISIS.

Szubin menyebut pertemuan itu belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan pertama kalinya menteri-menteri keuangan memimpin sidang DK. Ia mengatakan pembicaraan itu merupakan sebuah langkah maju penting untuk mengacaukan pendanaan ISIS. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG