Tautan-tautan Akses

AS

3 Pemenang Lotere Powerball AS Berbagi 1,6 Miliar Dolar


Pegawai toko 7-Eleven, M. Faroqui bersorak ketika mengetahui tokonya menjual tiket lotere Powerball yang menang di kota Chino Hills, California 13 Januari 2016.

Pegawai toko 7-Eleven, M. Faroqui bersorak ketika mengetahui tokonya menjual tiket lotere Powerball yang menang di kota Chino Hills, California 13 Januari 2016.

Hadiah lotere terbesar di dunia sebesar 1,6 miliar dolar AS (sekitar Rp. 22,2 Triliun) dimenangkan oleh tiga orang pemenang di tiga wilayah AS yang akan berbagi hadiah tersebut.

Pemenang lotere terbesar di dunia, 1,6 miliar dolar AS (atau sekitar Rp 22,2 Triliun) tinggal di negara bagian California di Amerika barat, negara bagian Tennessee serta Florida di Amerika tenggara. Mereka akan berbagai hadiah lotere "Powerball" yang memecahkan rekor itu.

Seorang juru bicara untuk lotere California, Alex Traverso mengatakan Rabu malam (13/1), tiket yang menang dibeli di Chino Hills, kawasan sederhana di pinggiran kota Los Angeles.

Tiket-tiket pemenang lainnya dijual di Munford, Tennessee, dan di Melbourne Beach, Florida. Belum ada pemenang yang segera mengklaim hadiah tersebut.

Angka-angka pemenang lotre itu adalah 4, 8, 19, 27, dan 34, dengan angka Powerball, 10.

Peluang memenangkan lotere itu diperkirakan hanya satu berbanding 292,2 juta.

Pemenang bersama lotere "Powerball" itu harus membagi rata hadiah tersebut. Mereka dapat mengambilnya sekaligus, yang akan dikenai pajak cukup tinggi, atau menerimanya per tahun selama 29 tahun pembayaran.

Direktur lotere AS mengatakan, selain hadiah terbesar, penjualan tiket lotere juga mencapai rekor terbanyak.

Penjualan tiket lotere tersebut semakin mendorong jumlah hadiah lebih besar dan pada gilirannya menghasilkan penjualan tiket jauh lebih banyak.

Sebagian besar dari 50 negara bagian Amerika memperbolehkan lotere beroperasi, tetapi ada 6 negara bagian yang tidak memperbolehkan lotere beroperasi, sehingga beberapa orang menjual lotere di sepanjang perbatasan dengan negara-negara bagian yang memperbolehkan penjualan lotere.

Tiket lotere Powerball AS ini bahkan dijual hingga di China, berkat makelar di internet yang banyak di antaranya meminta bagian dari kemenangan itu jika ada pembeli mereka yang menang. Tiket yang dijual di AS seharga dua dolar itu dinaikkan menjadi 3 sampai 4 dolar 60 sen.

Toko di Chino Hills, negara bagian California yang menjual lotere yang menang itu, kini menjadi obyek wisata, dengan para pengunjung dan kru berita membanjiri tempat parkirnya. Toko itu akan menerima hadiah satu juta dolar karena berhasil menjual tiket yang menang. [ps/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG