Tautan-tautan Akses

Tiga Pejalan Kaki AS Mengaku Tak Bersalah di Pengadilan Iran


Tiga warga AS yang dituduh melakukan kegiatan mata-mata oleh Iran: Shane Bauer, Sarah Shourd dan Josh Fattal (foto: dok.).
Tiga warga AS yang dituduh melakukan kegiatan mata-mata oleh Iran: Shane Bauer, Sarah Shourd dan Josh Fattal (foto: dok.).

Shane Bauer, Josh Fattal dan Sarah Shourd ditangkap dekat perbatasan Iran dan Irak di kawasan Kurdi 31 Juli 2009.

Tiga orang pejalan kaki Amerika, yang mulai diadili oleh Pengadilan Iran atas tuduhan masuk secara gelap ke negara itu dan melakukan tindakan mata-mata pada 31 Juli tahun 2009, mengaku tidak bersalah atas kedua tuduhan itu.

Shane Bauer, Josh Fattal dan Sarah Shourd ditangkap dekat perbatasan Iran dan Irak di kawasan Kurdi, ketika mereka sedang berkelana.

Shane Baur dan Josh Fattal masih berada dalam tahanan Iran, tapi Sarah Shourd telah dibebaskan bulan September lalu dengan uang jaminan 500.000 dolar AS dan diizinkan kembali ke Amerika.

Sidang hari Minggu itu diadakan secara tertutup dan tidak dihadiri oleh peninjau, termasuk Dutabesar Swiss Livia Agosti yang mewakili kepentingan Amerika di Iran.

Televisi pemerintah Iran mengatakan, pengacara untuk ketiga orang Amerika itu mengajukan pernyataan tidak bersalah atas tuduhan yang dikenai atas mereka.

Pemerintah Amerika berulang kali minta supaya para tahanan itu dibebaskan. Kalau dinyatakan bersalah, ketiga orang itu bisa dijatuhi hukuman sampai tiga tahun atas tuduhan masuk ke Iran secara gelap.

XS
SM
MD
LG