Tautan-tautan Akses

Perancis, Jerman, Yunani akan Intensifkan Upaya Loloskan Dana Talangan


PM Yunani Alexis Tsipras (kiri) bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker di Brussels, hari Kamis (11/6).

PM Yunani Alexis Tsipras (kiri) bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker di Brussels, hari Kamis (11/6).

Komisi Eropa hari Rabu (10/6) menyatakan tidak puas dengan proposal reformasi ekonomi terbaru yang diusulkan pemerintah Yunani.

Seorang pejabat Jerman mengatakan para pemimpin Perancis, Jerman, dan Yunani telah sepakat bahwa Yunani harus “mengintensifkan” upaya-upaya terkait perjanjian dana talangan baru – tetapi ini berarti penyelesaian bagi masalah utang Yunani masih belum jelas.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras hari Rabu (10/6) di Brussels, Belgia, bertemu dengan Presiden Perancis Francois Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Tsipras hari Kamis (11/6) bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, sementara Yunani semakin mendekati tenggat akhir bulan ini untuk membayar utangnya kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Sementara itu di Yunani, sebuah jaringan televisi pemerintah melakukan siaran pertamanya dalam dua tahun, setelah ditutup di tengah-tengah langkah pengetatan.

Pembaca berita di stasiun televisi ERT Yunani tampak emosional hari Kamis, sewaktu mereka memulai siaran, dua hari setelah tidak mengudara dan memindahkan program mereka ke internet.

Komisi Eropa hari Rabu menyatakan tidak puas dengan proposal reformasi terbaru Yunani, sementara Athena berupaya membujuk para kreditor Eropa agar melanjutkan pengucuran pinjaman yang diperlukan untuk menghindari kemacetan pembayaran utang.

Pembayaran pinjaman Yunani kepada IMF akan jatuh tempo akhir bulan ini. Para pejabat Komisi Eropa Rabu menyatakan bahwa usulan Yunani hari Selasa tidak mencerminkan diskusi-diskusi sebelumnya antara Brussels dan Athena.

XS
SM
MD
LG