Tautan-tautan Akses

AS

Tiga Korban Penembakan Massal di South Carolina Dimakamkan


Para pelayat menghadiri pemakaman Cynthia Hurd, 54, korban penembakan massal, di gereja Emanuel AME di Charleston, South Carolina, 27 Juni 2015.

Para pelayat menghadiri pemakaman Cynthia Hurd, 54, korban penembakan massal, di gereja Emanuel AME di Charleston, South Carolina, 27 Juni 2015.

Para pelayat dari kota Charleston, South Carolina dan lainnya hari Sabtu (27/6) menghadiri pemakaman tiga korban penembakan massal awal bulan ini di sebuah gereja Afrika Amerika bersejarah di kota itu.

Upacara pertama di Gereja Episkopal Methodis Afrika Emanuel itu diadakan bagi Cynthia Hurd, 54 tahun, satu dari sembilan orang yang ditembak mati pada tanggal 17 Juni oleh seorang laki-laki bersenjata ketika studi pendalaman Alkitab sedang berlangsung. Diantara mereka yang menghadiri pemakaman hari Sabtu termasuk Gubernur South Carolina Nikki Haley, Senator AS Tim Scott dan Walikota Charleston Joseph Riley.

“Kematiannya akan memicu perubahan dan Cynthia Hurd akan membantu jutaan orang,” kata Riley dalam pidato pujiannya mengenai mendiang pustakawan dan aktivis gereja itu.

Gubernur Haley juga berbicara di depan warga yang berduka. “Saya minta maaf ini terjadi di bawah pengawasan saya,” katanya. “Tetapi kami akan berbuat lebih baik.”

Upacara bagi Tywanza Sanders, 26 tahun, dan Susie Jackson, 87 tahun, diadakan di kemudian hari.

Pemakaman itu dilakukan sehari setelah Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato pujian mengenai seorang korban lain, pastor gereja Clementa Pinckney. Obama, dalam pidato yang mengharukan, menyebut mendiang pastor itu sebagai seorang yang visioner, terbuka dan penuh kasih.

XS
SM
MD
LG