Tautan-tautan Akses

13 Tewas dalam Serangan al-Shabab di Kenya


Peta Kenya.

Peta Kenya.

Juru bicara militer Kolonel David Obonyo mengatakan dua laki-laki Kaukasia yang tak diketahui identitasnya termasuk di antara militan yang tewas dalam pertempuran itu.

Militer Kenya mengatakan telah menewaskan 11 anggota kelompok al-Shabab dalam serangan terhadap sebuah kamp militer. Dikatakan dua tentara juga tewas dalam pertempuran hari Minggu (14/6) itu.

Pihak militer mengatakan kematian itu terjadi dalam serangan fajar oleh kelompok militan tersebut terhadap sebuah kamp di Buare di Lamu, dekat Somalia, tempat markas al-Shabab.

Juru bicara militer Kolonel David Obonyo mengatakan dua laki-laki Kaukasia yang tak diketahui identitasnya termasuk di antara militan yang tewas dalam pertempuran itu. Dia mengatakan pasukan Kenya sedang memburu militan lain yang diyakini telah melarikan diri ke hutan terdekat.

Obonyo mengatakan militer menyita sejumlah senjata, termasuk 13 senapan AK-47, lima roket berpeluncur granat dan delapan granat.

Al-Shabab, yang ingin menggulingkan pemerintah Somalia yang didukung Barat dan menerapkan hukum Syariah yang ketat, sering menarget Kenya. Kelompok itu mengatakan itu merupakan balasan atas partisipasi Kenya dalam pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika di Somalia.

Dalam serangan paling mematikan yang dilakukan kelompok itu hingga kini, empat laki-laki bersenjata menewaskan 148 orang, sebagian besar pelajar, di universitas Garissa pada awal bulan April.

XS
SM
MD
LG