Tautan-tautan Akses

Tidak Temui Tamu Asing, Kesehatan Wapres Tiongkok Dipertanyakan


Tidak muncul untuk menemui tiga tamu negara penting, Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping diisukan mengalami gangguan kesehatan (foto: dok).

Tidak muncul untuk menemui tiga tamu negara penting, Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping diisukan mengalami gangguan kesehatan (foto: dok).

Wapres Xi Jinping diperkirakan akan menjadi Presiden berikut Tiongkok dalam rangka pergantian pemimpin sekali 10 tahun, nanti tahun ini.

Kementerian luar negeri Tiongkok mengatakan pihaknya tidak memiliki informasi mengenai status Wakil Presiden Xi Jinping, yang kegagalannya untuk hadir dalam beberapa pertemuan dengan tamu asing yang berkunjung telah menimbulkan spekulasi mengenai kesehatannya.

Pernyataan dari jurubicara kementerian luar negeri Hong Lei dikeluarkan lebih dari 10 hari sejak Xi tampil di depan umum terakhir kali. Xi diperkirakan akan menjadi Presiden berikut Tiongkok dalam rangka pergantian pemimpin sekali 10 tahun, yang dijadwalkan akhir tahun ini.

Xi tidak menghadiri pertemuan yang dijadwalkan sebelumnya dengan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt di Beijing hari Senin. Pekan lalu, pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Amerika Hilllary Clinton dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dibatalkan.

Perubahan jadwal demikian tidak biasa bagi pemimpin Tiongkok, yang pertemuan dengan para pejabat tinggi asing biasanya direncanakan jauh sebelumnya.
XS
SM
MD
LG