Tautan-tautan Akses

Tidak Ada Petunjuk Baru Hilangnya Pesawat MH370


Kru penerbangan Malaysia Airlines di Bandara Internasional Kuala Lumpur. (AP Photo/Joshua Paul)

Kru penerbangan Malaysia Airlines di Bandara Internasional Kuala Lumpur. (AP Photo/Joshua Paul)

Malaysia hari Minggu (8/3) melansir laporan investigasi sementara mengenai hilangnya Malaysia Airlines Nomor Penerbangan MH370, tepat satu tahun setelah pesawat Boeing 777 itu hillang tanpa jejak bersama 239 penumpang dan awaknya.

Laporan itu tidak memberi petunjuk baru mengenai misteri tersebut, dan menyatakan tidak ada perilaku atau kebiasaan abnormal pada pilot dan awak pesawat, serta menyatakan tidak ada hal mengkhawatirkan yang ditemukan dalam investigasi terhadap catatan pemeliharaan pesawat. Satu-satunya temuan yang tidak biasa adalah baterai untuk mengoperasikan alat pemancar sinyal penanda lokasi pesawat telah kadaluwarsa setahun sebelum pesawat itu hilang.

Perdana Menteri Najib Razak hari Minggu (8/3) menyatakan bahwa “Malaysia tetap berkomitmen untuk mencari dan berharap MH370 akan ditemukan.”

Kepala tim penyelidik, Kok Soo Chon, mengatakan, “dalam beberapa bulan mendatang, tim investigasi perlu menganalisa untuk menarik kesimpulan dan membuat rekomendasi keselamatan berdasarkan informasi faktual yang telah dikumpulkan.”

Sementara itu, kerabat penumpang yang berasal dari China berkumpul di kuil-kuil di Beijing untuk memperingati satu tahun peristiwa tersebut.

Meskipun sekitar 200 juta dolar telah dikeluarkan dalam pencarian multinasional hingga jauh ke lepas pantai barat Australia, belum satupun jejak pesawat itu yang ditemukan. Kapal-kapal pencari sejauh ini telah menyisir 44 persen dari 60 ribu kilometer persegi kawasan di Samudera Hindia, yang diperkirakan penyelidik sebagai lokasi jatuhnya pesawat.

XS
SM
MD
LG