Tautan-tautan Akses

The New York Times: Irak Bantu Iran Hindari Sanksi


Fasilitas nuklir Iran di Arak (foto: Jan 2011).
Fasilitas nuklir Iran di Arak (foto: Jan 2011).

Harian NYT menyebut bahwa Irak menggunakan jaringan lembaga keuangan dan operasi penyelundupan minyak untuk membantu Iran mengelakkan sanksi.

Sebuah laporan dalam surat kabar terkemuka di Amerika mengatakan Irak telah membantu Iran menghindari sanksi ekonomi yang dikenakan pada Teheran karena program nuklirnya.

The New York Times, Minggu (19/8) menyebut Irak telah menggunakan jaringan lembaga keuangan dan operasi penyelundupan minyak untuk membantu Iran mengelakkan sanksi tersebut.

Di bulan Juli, Presiden Barack Obama melarang sebuah bank di Baghdad melakukan transaksi apapun dengan sistem perbankan AS. Obama menyatakan Bank Elaf Islam telah "memfasilitasi transaksi bernilai jutaan dolar atas nama bank-bank Iran yang dikenakan sanksi karena keterkaitan mereka dengan kegiatan proliferasi Iran yang dilarang."

Menurut harian tersebut, Bank Elaf tidak mengindahkan keputusan Presiden Obama dan terus berpartisipasi dalam lelang harian Bank Sentral Irak di mana bank-bank komersial dapat menjual dinar Irak dan membeli dolar Amerika
XS
SM
MD
LG