Tautan-tautan Akses

'The Imitation Game' Picu Perjuangan untuk Hak Kelompok Gay


Adegan film 'The Imitation Game', yang terfokus pada ahli matematika Alan Turing yang dihukum karena preferensi seksualnya meski ia berjasa pada negara.

Adegan film 'The Imitation Game', yang terfokus pada ahli matematika Alan Turing yang dihukum karena preferensi seksualnya meski ia berjasa pada negara.

Film tersebut telah memicu petisi dari Human Rights Campaign untuk mengampuni sekitar 49.000 pria homoseksual yang didakwa berdasarkan UU Inggris yang kemudian dicabut pada 2003.

Seiring masuknya film tentang pemecah kode untuk Inggris dalam Perang Dunia II yang kurang dikenal sebagai unggulan Oscar, "The Imitation Game" telah memicu perjuangan lebih luas untuk membela hak-hak pria gay yang dianiaya.

Mendapat delapan nominasi Academy Awards yang diadakan pada 22 Februari, "The Imitation Game" mengisahkan ahli matematika Alan Turing, yang bekerja dengan sekelompok rahasia ahli kriptologi pemerintah selama Perang Dunia II untuk memecahkan kode perang Jerman Nazi dan menyelamatkan banyak nyawa.

Turing, diperankan oleh Benedict Cumberbatch, tidak mendapatkan pengakuan atas karyanya dan sebaliknya dihukum atas dakwaan homoseksualitas, sebuah kejahatan pada 1952, dan meninggal dalam keadaan mengenaskan pada 1954. Ia kemudian diampuni pada 2013 oleh Ratu Elizabeth.

Film tersebut, yang didistribusikan oleh The Weinstein Co, telah memicu petisi dari Human Rights Campaign, sebuah organisasi yang mengkampanyekan persamaan hak untuk komunitas gay, lesbian, biseksual dan transgender (LGBT), untuk mengampuni sekitar 49.000 pria homoseksual yang didakwa berdasarkan undang-undang ketidaksenonohan Inggris yang kemudian dicabut pada 2003.

Petisi itu telah menarik lebih dari 330.000 tanda tangan termasuk Cumberbatch dan Keira Knightley, yang bermain sebagai ahli matematika Joan Clarke, serta para CEO terkenal termasuk Eric Schmidt dari Google dan Marissa Mayer dari Yahoo.

"Perlakuan sejarah atas Alan sangat tidak adil," ujar Graham Moore, yang mendapat nominasi Oscar untuk skenario "Imitation Game."

"Kami selalu berharap kami dapat menciptakan dialog mengenai isu-isu perlakuan pria-pria gay dalam masyarakat, mengenai penghukuman historis terhadap mereka, dan menjadi bagian pembahasan-pembahasan yang bahkan lebih penting."

Dibuat dengan anggaran US$33 juta, menurut BoxOffice.com, "The Imitation Game" telah meraup pendapatan kotor lebih dari $155 juta di seluruh dunia sejak dirilis November.

Film ini mendapat nominasi Oscar untuk Cumberbatch, Knightley, sutradara Morten Tyldum dan film terbaik, bersaing dengan unggulan terdepan "Birdman" dan "Boyhood."

XS
SM
MD
LG