Tautan-tautan Akses

'The Ghost Writer' Kuak Rahasia Politik Inggris


Pierce Brosnan (kanan) memainkan Perdana Menteri Inggris Adam Lang dalam film The Ghost Writer.

Pierce Brosnan (kanan) memainkan Perdana Menteri Inggris Adam Lang dalam film The Ghost Writer.

Mantan Perdana Menteri Inggris Adam Lang ingin membuat sebuah buku tentang masa kejayaannya. Ia kemudian merekrut seorang penulis bayaran yang kerap disebut 'ghost writer.' Namun, ternyata ghost writer tersebut menemukan banyak rahasia yang membahayakan jiwanya.

Sutradara kontroversial Roman Polanski kembali mendapat pengakuan publik internasional atas kaliber karyanya, dengan merebut penghargaan sutradara terbaik pada Festival Film Berlin. Polanski, yang hingga kini masih dinyatakan AS sebagai buron atas sebuah kasus pelecehan seksual, memenangkan hadiah ini untuk film thriller bertema politik berjudul The Ghost Writer. Film ini diangkat dari novel karangan Robert Harris, dibintangi Pierce Brosnan dan Ewan McGregor.

Film The Ghost Writer menceritakan tentang mantan perdana menteri Inggris bernama Adam Lang. Ketika dia menjabat sebagai perdana menteri, Lang sangat populer dan ketika sudah turun dari jabatannya dia tetap aktif dalam dunia politik. Dalam cerita film ini, Adam Lang ingin membuat sebuah buku tentang masa kejayaannya sebagai perdana menteri. Lang kemudian merekrut penulis bayaran yang kerap disebut seorang 'ghost writer.'


Ewan McGregor memerankan sang penulis atau ghost writer tersebut. Sebagaimana ghost writer dalam kehidupan asli yang namanya tidak pernah diketahui, nama karakter McGregor juga tidak pernah disebut dalam film ini. Dari awal ghost writer tersebut mencium sesuatu yang tidak beres karena ghost writer Adam Lang sebelumnya meninggal mendadak. Tidak jelas apakah ia di bunuh, bunuh diri, atau meninggal akibat sebuah kecelakaan.

Sang penulis kemudian mencoba untuk mencari kebenaran di balik misteri kematian ghost writer yang digantikannya. Walaupun merasa tertantang untuk mencari kebenaran, iapun tidak yakin dirinya akan selamat sampai mencapai babak terakhir buku otobiografi yang sedang ditulisnya.

Pierce Brosnan adalah bintang yang memerankan Perdana Mentri Adam Lang. Pada permulaan pembuatan film ini, Pierce Brosnan telah berusaha keras mempelajari gerak-gerik dan cara berbicara mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Namun, dia sangat lega ketika sutradara Roman Polanski mengatakan Pierce tidak sedang memerankan Tony Blair. Meskipun mungkin banyak penonton akan berpendapat terdapat banyak kemiripan antara karakter Adam Lang dan mantan perdana menteri Inggris Tony Blair.

Dalam sebuah wawancara Ewan McGregor mengatakan merasa sangat beruntung dapat bekerja dengan sutradara Roman Polanski. Berada di lokasi shooting dari hari pertama, adalah kesempatan emas bagi McGregor untuk melihat secara langsung kerja keras Roman Polanski yang sangat tekun dan ulet dalam menghasilkan gambar-gambar film layar lebar.

The Ghost Writer kebanyakan berlatar di sebuah pulau di negara bagian Amerika, Massachusetts. Namun, sebenarnya lokasi shooting film ini adalah di Jerman. Ini harus dilakukan karena Roman Polanski sampai sekarang dilarang masuk Amerika karena dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap gadis berusia 13 tahun di Amerika Serikat pada tahun 1977.

Pierce Brosnan mengatakan terlihat banyak sekali pengaruh kehidupan sutradara Roman Polanski dalam film The Ghost Writer, seperti rasa pengasingan yang tergambar dalam film ini.

Film ini juga diramaikan oleh Olivia Williams, Kim Cattrall, Tom Wilkinson, dan Eli Wallach.

Para penggemar Polanski di seluruh dunia tidak akan melewatkan aksi Pierce Brosnan dan Ewan McGregor dalam film Roman Polanski terbaru, The Ghost Writer.

XS
SM
MD
LG