Tautan-tautan Akses

Thaksin Mundur dari Posisinya di Pemerintah Kamboja


Mantan PM Thailand yang buron, Thaksin Shinawatra.

Mantan PM Thailand yang buron, Thaksin Shinawatra.

Phnom Penh mengatakan Thaksin mundur atas permohonannya sendiri, karena kesulitan memenuhi kewajibannya.

Kamboja mengatakan mantan Perdana Menteri Thailand yang buron, Thaksin Shinawatra, telah mengundurkan diri dari kedudukannya sebagai penasehat ekonomi Kamboja, sehingga melicinkan jalan bagi usaha meredakan hubungan yang tegang antarkedua negara.

Phnom Penh pada hari Senin mengatakan, Thaksin mundur atas permohonannya sendiri karena kesulitan memenuhi kewajibannya.

Mantan pemimpin Thailand, yang kini tinggal di luar negeri, digulingkan dalam kudeta pada tahun 2006 dan dihukum in absentia dua tahun penjara. Thailand menuduh Thaksin mengorganisasi dan mendanai para demonstran Kaos Merah, yang anti-pemerintah.

Dengan pengunduran diri Thaksin, para pejabat pemerintah Thailand Senin mengindikasikan bahwa kedua negara dapat mengaktifkan kembali duta besar mereka masing-masing.

Ketegangan diplomatik antarkedua negara mulai pecah November lalu ketika Kamboja menunjuk Thaksin sebagai penasehat ekonomi. Thailand menuduh Kamboja mencampuri politik Thailand dan kedua negara memanggil pulang duta besar mereka masing-masing.

XS
SM
MD
LG