Tautan-tautan Akses

Thailand Rayakan Ulang Tahun Ke-83 Raja yang Sakit-sakitan


Raja Thailand Bhumibol Adulyadej (foto: dok) meninggalkan rumah sakit sejenak untuk perayaan ulang tahunnya yang ke-83.

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej (foto: dok) meninggalkan rumah sakit sejenak untuk perayaan ulang tahunnya yang ke-83.

Ribuan rakyat Thailand berjejer, mengibarkan bendera kerajaan berwarna kuning, saat rombongan Raja Bhuminol Adelyadej melintas.

Thailand melangsungkan sejumlah perayaan besar untuk memperingati hari ulang tahun ke-83 Raja Bhumibol Adulyadej. Walaupun telah lanjut usia dan sakit-sakitan, Raja Bhumibol Adulyadej tetap menjadi pujaan rakyat Thailand sebagai tokoh penyatu di negara yang terpolarisasi secara politik ini.

Pada hari Minggu, Raja Bhumibol Adulyadej pergi dikawal iring-iringan mobil menuju istana di Bangkok dari sebuah rumah sakit di mana ia telah mendapat perawatan selama lebih dari setahun terakhir. Ribuan rakyat Thailand berjejer di barisan iring-iringan, mengibarkan bendera kerajaan berwarna kuning dan bersorak “Panjang Umur Raja!”

Kekuasaan Raja Bhumibol selama 64 tahun membuat Raja Bhumibok raja dengan masa kekuasaan terlama di dunia. Ia berpidato singkat untuk disiarkan televisi dari istana, menghimbau warga Thailand untuk mengemban tugas masing-masing secara sungguh-sungguh demi kebaikan negara. Raja Bhumibol juga menambahkan bahwa mereka yang bertindak ceroboh akan merusak diri mereka dan negara.

Raja Bhumibol sudah jarang meninggalkan rumah sakit Siriraj di Bangkok sejak mulai dirawat untuk penyakit paru-paru pada bulan September 2009.

XS
SM
MD
LG