Tautan-tautan Akses

Thailand Kukuhkan Dominasi, Rebut Medali Emas Sepakbola SEA Games


Hein Thiha Zaw dari Myanmar, kiri, dijegal oleh Tanaboon Kesarat dari Thailand, tengah, pada pertandingan final sepakbola SEA Games di Singapura, Senin (15/6).

Hein Thiha Zaw dari Myanmar, kiri, dijegal oleh Tanaboon Kesarat dari Thailand, tengah, pada pertandingan final sepakbola SEA Games di Singapura, Senin (15/6).

Thailand mengalahkan Myanmar yang bermain lincah dan pendukungnya yang penuh semangat, 3-0, dalam partai final sepakbola SEA Games, Senin, mengokohkan dominasi mereka dalam persepakbolaan di Asia Tenggara.

Pemain tengah Tanaboon Kesarat, yang membantu mengantarkan tim nasional Thailand memenangkan kejuaraan Asia Tenggara di bulan Desember, menyarangkan gol pembukaan, dengan lihai mementalkan bola dengan tubuhnya pada menit ke-51 setelah Myanmar gagal untuk mengamankan sebuah tendangan pojok.

Chananan Pombubpha, yang menyia-nyiakan beberapa kesempatan sebelumnya, mencetak gol kedua memanfaatkan umpan dari Chanathip Songkrasin pada menit ke-63, disusul dengan gol dari pemain cadangan Pinyo Inpinit saat 12 menit tersisa dalam pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Thailand meraih medali emas ke-15 untuk sepakbola di ajang SEA Games, dan yang ke-10 dalam 12 SEA Games terakhir. Tim U-23 Thailand ini memenangkan ketujuh pertandingan di Singapura, dan hanya kebobolan satu gol.

Kepala pelatih Choketawee Promrut mengatakan kepada wartawan ini merupakan kemenangan terbaik bagi tim U-23 Thaliand dan bahwa perubahan taktik pada babak kedua berhasil mengantarkan tim ini pada medali emas

"Pada babak pertama, Myanmar bermain dengan padat, sangat baik. Di ruang ganti (kita mengatakan) kita harus bermain lebih lebar. Dan ternyata berhasil."

Thailand memulai partai final sebagai favorit dan memiliki berbagai kesempatan namun tidak dapat menghasilkan gol, dan kiper Myanmar Phyo Kyaw Zin dengan jitu mempertahankan gawang, menjadikan babak pertama berakhir tanpa gol.

Para pendukung Myanmar yang memadati Stadion Nasional mengusung harapan timnya akan mampu menggondol medali emas pertama sejak SEA Games 1973, yang juga berlangsung di Singapura. Tim yang berslogan "no stars, no problem" (tak ada bintang, tak masalah) mencapai partai final untuk pertama kalinya sejak 1993.

"Kami tidak berhasil mencapai target kami, saya sangat sedih bagi fans kami," ujar pelatih Myanmar Kyi Lwin, yang bermain dalam tim yang kalah dari Thailand pada partai final 1993 juga di Singapura.

XS
SM
MD
LG