Tautan-tautan Akses

Thailand Keluarkan Surat Penangkapan atas Mantan PM Thaksin


Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra (foto: dok).

Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra (foto: dok).

Pengadilan Thailand mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mantan PM Thaksin Shinawatra atas tuduhan melakukan fitnah terhadap militer negara itu.

Pengadilan Thailand hari Senin (12/10), mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra, setelah ia tidak muncul dalam sidang atas perkara penghinaan, yang dituduhkan oleh militer.

Menurut Reuters, Thaksin dituding memfitnah militer saat wawancara dengan koran Korea Selatan Chosun IIbu pada Mei lalu. Acara tanya jawab tersebut akhirnya diunggah ke YouTube.

Dalam wawancara langka dengan media asing tersebut, Thaksin menuduh militer ambil bagian dalam konspirasi yang menggulingkan adiknya, mantan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra pada 2014, beberapa hari sebelum kudeta.

Perintah penangkapan itu diperkirakan tidak berarti banyak karena Thaksin saat ini tinggal di luar negeri untuk menghindari hukuman penjara atas vonis perkara korupsi pada 2008.

Namun, perkara itu akan menjadi langkah mundur bagi mantan taipan media tersebut, dan berbagai pihak melihatnya sebagai upaya terakhir untuk memastikan ia tidak kembali berkuasa.

Tiga pemerintahan dukungan Thaksin dipaksa mundur pengadilan atau militer sejak 2006. [ab]

XS
SM
MD
LG