Tautan-tautan Akses

Thailand Angkat Putra Mahkota Vajiralongkorn sebagai Raja Baru


Putra Mahkota Pangeran Maha Vajiralongkorn di Royal Plaza, Bangkok,Thailand (foto: dok). Vajiralongkorn resmi dinyatakan sebagai Raja Thailand yang baru.

Putra Mahkota Pangeran Maha Vajiralongkorn di Royal Plaza, Bangkok,Thailand (foto: dok). Vajiralongkorn resmi dinyatakan sebagai Raja Thailand yang baru.

Thailand siap memahkotai pemimpin barunya pada waktu Putra Mahkota Pangeran Maha Vajiralongkorn resmi dinyatakan sebagai raja.

Pangeran Maha Vajiralongkorn menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang meninggal pada bulan Oktober. Peralihan kekuasaan secara resmi berlangsung hari Kamis (1/12), setelah serangkaian protokol seremonial dilalui dan para pejabat tinggi Thailand secara resmi meminta Vajiralongkorn untuk menjadi raja.

Begitu Vajiralongkorn menyetujui permintaan untuk menjadi raja, ia akan dinobatkan sebagai Rama X dari dinasti Chakri Thai, yang telah berkuasa di Thailand sejak 1782.

Thailand dalam keadaan berkabung sejak Bhumibol yang populer mangkat pada 13 Oktober. Bhumibol memimpin negaranya selama 70 tahun dan dianggap banyak kalangan sebagai sosok yang kuat selama beberapa kali pergolakan politik.

Vajiralongkorn tidak sepopuler Bhumibol dan menghindari sorotan publik yang dinikmati ayahnya.

Ia adalah satu-sautnya anak lelaki Bhumibol dan disebut sebagai pengganti ayahandanya pada tahun 1972. Raja memiliki kekuasaan formal yang terbatas.

Bhumibol akan dikremasi dalam suatu upacara yang diperkirakan baru akan berlangsung tahun depan. Setelah itu, barulah upacara penobatan Vajiralongkorn sebagai raja berlangsung. [uh/ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG