Tautan-tautan Akses

Thailand: Aktivis Kaos Merah Dapat Pelatihan Terorisme di Kamboja


Para anggota Kaos Merah berdemonstrasi di jalanan Bangkok akhir pekan lalu, untuk memperingati enam bulan insiden berdarah di kota ini.

Para anggota Kaos Merah berdemonstrasi di jalanan Bangkok akhir pekan lalu, untuk memperingati enam bulan insiden berdarah di kota ini.

Menurut aparat Thailand, para anggota Kaos Merah mendapat pelatihan di Kamboja untuk membunuh para pejabat tinggi Thailand.

Departemen Penyelidikan Khusus Thailand (DSI) mengatakan para anggota gerakan Kaos Merah yang anti-pemerintah, telah mendapat pelatihan di Kamboja untuk membunuh para pejabat tinggi Thailand, termasuk Perdana Menteri.

Letnan Kolonel Payao Thongsen, seorang penyelidik senior DSI, memberitahu wartawan pada hari Senin bahwa 11 pria ditangkap pekan lalu di provinsi Chung Mui, Thailand utara. Mereka termasuk di antara 30 orang yang dilatih di negara tetangga.

Payao tidak menyebut nama negara tersebut, tetapi menggambarkan perjalanan yang ditempuh para pria tersebut ke tempat latihan mereka, yang berakhir di Kamboja.

Ia mengatakan sasaran pembunuhan, antara lain adalah, Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva, Wakil Perdana Menteri yang meletakkan jabatan baru-baru ini Suthep Thaugsuban dan seorang perwira tinggi kepolisian. Para pejabat Kamboja membantah keras tuduhan, dengan mengatakan Kamboja tidak mempunyai motif untuk melatih teroris Thailand.

XS
SM
MD
LG