Tautan-tautan Akses

Thailand: 100 Orang Lebih Terlibat Penyelundupan Manusia

  • Ron Corben

Letjen Manas Kongpan (tengah), perwira tinggi militer Thailand yang dituduh terlibat penyelundupan manusia menyerahkan diri kepada polisi di Bangkok (3/6),

Letjen Manas Kongpan (tengah), perwira tinggi militer Thailand yang dituduh terlibat penyelundupan manusia menyerahkan diri kepada polisi di Bangkok (3/6),

Polisi Thailand mengatakan telah merampungkan apa yang digambarkan sebagai penyelidikan terbesar dalam sejarah Thailand terhadap penyelundupan manusia.

Polisi Thailand hari Selasa (23/6) mengatakan telah menyelesaikan penyelidikan terhadap operasi-operasi penyelundupan manusia yang berpusat di Thailand selatan dengan menangkap 56 tersangka serta dikeluarkannya perintah penangkapan bagi lebih dari 60 orang lainnya.

Meskipun kelompok-kelompok HAM menyambut baik penumpasan itu mereka mengatakan penyelidikan lebih luas harus dilakukan mencakup personil militer yang terlibat dalam operasi-operasi penyelundupan.

Pejabat polisi menyebut penyelidikan itu paling luas dalam sejarah penyelundupan manusia di Thailand di mana polisi mengajukan 100 ribu dokumen kepada Kantor Kejaksaaan, yang menjelang akhir Juli akan memutuskan apakah akan mengenakan dakwaan terhadap mereka.

Tapi kelompok-kelompk HAM seperti Human Rights Watch yang berkantor pusat di New York meskipun menyambut baik penyelidikan itu mengatakan ada keprihatinan mengenai melambatnya keinginan politis dari penegak hukum untuk menyelesaikan penyelidikan itu yang bisa mengarah pada tuduhan atas lebih banyak lagi petugas militer.

Sunai Pasuk, periset Human Rights Watch di Thailand mengatakan meskipun penangkapan telah dilakukan atas tokoh sipil setempat dan politisi, hanya seorang petugas militeryang ditangkap dan ini menimbulkan pertanyaan mengenai transparansi penyelidikan itu.

"Ada gembong termasuk pengusaha terkenal di provinsi selatan. Nama-nama mereka sudah dikaitkan selama hampir satu dekade dan akhirnya mereka akan diadili. Jadi ini hal yang baik. Seorang jenderal senior termasuk diantara tersangka yang akan dikenai tuduhan penyelundupan manusia dan kejahatan serius lainnya sehingga hal tersebut disambut baik. Tapi sulit dipercaya hanya seorang pejabat militer senioryang terlibat," ungkap Sunai.

Sunai mengatakan penyelidikan lebih lanjut diperlukan terhadap bawahan dan petugas lainnya yang mungkin terlibat.

Penyelidikan luas itu menyusul penemuan ratusan kuburan dangkal di sepanjang jalur utama penyelundupan manusia di Thailand selatan, di hutan-hutan yang berbatasan dengan Malaysia yang sebagian besar berpenduduk Muslim. Para pengungsi itu kebanyakan warga Rohingya dari Myanmar barat yang melarikan diri dari penganiayaan.

Muslim Rohingya dan warga Bangladesh selama bertahun-tahun meminta bantuan penyelundup manusia untuk mengangkut mereka dengan kapal ke Malaysia atau Indonesia. Tapi meningkatnya ketegangan etnis dan tekanan terhadap Rohingya di Myanmar menyebabkan perempuan dan anak-anak ikut mengungsi.

Penumpasan di Thailand awal Mei dilakukan setelah ditemukan kuburan-kuburan massal dan ribuan orang yang ditelantarkan di kapal-kapal penyelundup di laut. PBB memperkirakan sekitar 12 ribu orang masih terkatung-katung di laut atau belum diketahui nasibnya. 3.000 orang lebih telah mendarat di Thailand, Malaysia dan Indonesia.

XS
SM
MD
LG