Tautan-tautan Akses

Tesla Tarik 90.000 Sedan Model S


Mobil Tesla Model S versi piranti lunak 7.0 dipamerkan di Palo Alto, California, 14 Oktober 2015 (Foto: dok).

Mobil Tesla Model S versi piranti lunak 7.0 dipamerkan di Palo Alto, California, 14 Oktober 2015 (Foto: dok).

Penarikan tersebut berlaku di seluruh dunia karena ada isu dengan sabuk pengaman.

Tesla Motors Inc. menarik sekitar 90.000 sedan model S untuk memeriksa kemungkinan adanya cacat dalam produksi sabuk pengaman pada kursi depan mobil tersebut, menurut perusahaan tersebut, Jumat (20/11).

Penarikan tersebut berlaku di seluruh dunia. Sebagian besar kendaraan tersebut berada di Amerika Serikat, dengan beberapa negara di Eropa dan Asia. Saham produsen mobil "ramah lingkungan" itu turun 2,2 persen pada kisaran $217 di bursa Nasdaq pada sore harinya.

Biaya penarikan di seluruh dunia itu "belum dapat diketahui," kata perusahaan itu. Masalah sabuk pengaman itu ditemukan pada awal November oleh seorang pelanggan yang duduk di kursi penumpang bagian depan sebuah sedan Model S, saat sedang dalam perjalanan di Eropa dan menoleh ke belakang untuk berbicara dengan penumpang yang berada di kursi belakang.

Tidak ada kecelakaan ataupun luka yang dilaporkan terkait masalah tersebut, kata juru bicara Tesla hari Jumat. Perusahaan itu mengirimkan email ke pemilik mobil mewah bertenaga baterai tersebut, dan meminta mereka membawa mobil itu ke salah satu dari 125 bengkel Tesla di seluruh dunia untuk pemeriksaan mekanisme pemasangan sabuk pengaman ke badan mobil tersebut.

"Penyelidikan kami tidak dapat menemukan penyebabnya," kata juru bicara itu. "Kami akan memeriksa setiap mobil kami."

"Kami berharap sebagian besar (mobil kami) tidak bermasalah dengan sabuk pengaman."

Tahun lalu, Tesla menarik sekitar 29.222 sedan model S karena masalah pengisian baterai yang dideteksi dapat menimbulkan kebakaran. Tahun 2013, perusahaan itu juga menarik sekitar 1.228 sedan Model S karena masalah yang terkait dengan kekuatan pemasangan kursi penumpang yang duduk di belakang.

Tesla akan mengirimkan teknisi ke pelanggan mereka apablia diperlukan, kata juru bicara tersebut. Perusahaan iru menjual dan melayani pelanggan mereka di toko-toko mereka dan pegawai mereka sendiri. Para produsen mobil lainnya memperbaiki mobil mereka melalui jaringan penjual mereka.

Memperbaiki pemasangan sabuk pengaman yang telah terpasang memerlukan waktu sekitar enam menit, jelas petugas Tesla.

Tesla mengatakan kepada pelanggannya bahwa mereka dapat menguji sabuk pengaman mereka sendiri dengan menarik "sangat kuat" pada bagian yang mengikat pinggang, menggunakan benda dengan bobot sampai 36,3 kilogram. Namun pelanggan dianjurkan untuk tetap mendatangi bengkel Tesla. [eis/hd]

XS
SM
MD
LG