Tautan-tautan Akses

Tes Darah Dapat Ungkap Sejarah Infeksi Virus Seseorang

  • Jessica Berman

Seorang pasien diambil darahnya di Family Van di Boston, AS.

Seorang pasien diambil darahnya di Family Van di Boston, AS.

Tes darah baru, VirScan, berpotensi mendeteksi lebih dari 1.000 jenis virus yang dapat menginfeksi manusia.

Setiap virus yang telah membuat orang sakit sekarang dapat dideteksi lewat setetes darah. Sebuah uji baru dapat memberitahu dokter mengenai sejarah infeksi virus seseorang, sesuatu yang dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit serius di masa yang akan datang.

Tes darah baru tersebut, VirScan, berpotensi mendeteksi lebih dari 1.000 jenis virus yang dapat menginfeksi manusia.

Kepala penelitian Stephen Elledge dari Rumah Sakit Brigham and Women dan Fakultas Kedokteran Harvard di Boston, mengatakan bahwa tes genetik tersebut, yang hanya memerlukan setetes darah, dapat menunjukkan kepada dokter apakah pasien terpapar virus berbahaya.

Sebagai contoh, orang dapat terinfeksi hepatitis C selama bertahun-tahun yang dapat menghancurkan hati, mengarah kepada kanker.

"Jenis-jenis infeksi virus ini, seperti juga HIV, dapat terjadi lama sebelum pasien merasa ada masalah," ujar Elledge. "Dan pada saat itu, akan jauh lebih berbahaya."

Saat ini sudah ada pengobatan untuk hepatitis dan terapi penyelamat nyawa untuk HIV. Dengan mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus berbahaya bertahun-tahun sebelumnya, ujar Elledge, dokter dapat mengobati secara dini.

Elledge mengatakan VirScan memungkinkan untuk melihat dampak kesehatan dari gabungan virus-virus. Selain itu, VirScan juga dapat digunakan untuk menentukan akar dari kondisi yang lebih menyulitkan, seperti virus mana yang memicu penyakit-penyakit autoimunitas seperti diabetes dan lupus.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG