Tautan-tautan Akses

Tersangka Teroris Norwegia Ajukan Tuntutan yang Tak Masuk Akal


Geir Lippestad, pengacara tersangka teroris Norwegia, Anders Behring Breivik

Geir Lippestad, pengacara tersangka teroris Norwegia, Anders Behring Breivik

Pengacaranya mengatakan, di antara tuntutan kliennya adalah, tersangka Anders Breivik menuntut penggulingan sama sekali masyarakat Eropa.

Pria Norwegia yang telah mengaku membunuh 77 orang dalam dua serangan di negaranya bulan lalu telah mengajukan daftar tuntutan yang ia ingin tukarkan dengan informasi mengenai kejahatannya yang dituduhkan.

Kuasa hukum Anders Behring Breivik mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa kliennya telah membuat daftar yang panjang tuntutan yang tidak realistis yang menunjukkan ia tidak mengetahui bagaimana masyarakat bekerja. Pengacara Geir Lippestad mengatakan bahwa di antara tuntutannya adalah penggulingan sama sekali masyarakat Eropa.

Lippestad menyebut Breivik sebagai orang yang dingin, yang membenarkan pembunuhan massal kaum muda dalam satu dari serangannya di kamp latihan pemuda sebagai bagian yang perlu dalam perang melawan invasi Muslim di Eropa. Ia mengatakan kliennya telah menuntut agar diperiksa oleh seorang psikiater Jepang karena ia yakin orang Jepang memahami lebih baik gagasan dan nilai kehormatan daripada orang Eropa.

Penuntut kepolisian Christian Hatio hari Selasa mengatakan polisi masih berusaha menentukan apakah Breivik bertindak sendirian. Dalam interogasi, Breivik telah memberi indikasi ia melaksanakan serangan itu sebagai bagian dari gerakan anti-Muslim.

Kalau didapati bersalah atas tuduhan terorisme, Breivik dapat menghadapi hukuman penjara 21 tahun. Tetapi, rencana alternatif dapat membuatnya meringkuk lebih lama dalam penjara.

XS
SM
MD
LG