Tautan-tautan Akses

Tersangka Teroris al-Shabab Bunuh Empat Polisi, Sandera Tahanan


Peta Kapenguria, Kenya.

Peta Kapenguria, Kenya.

Seorang tersangka ekstremis anggota organisasi Islamis al-Shabab yang ditahan di sebuah kantor polisi di Kenya Barat merebut senjata dari seorang polisi dan menembak mati empat polisi lainnya sebelum menyandera beberapa tahanan lainnya di sana.

Polisi mengepung bangunan di Kapenguria dan sekarang ini sedang berupaya mengakhiri krisis ini dan membebaskan para tahanan yang disandera, kata kepala polisi Kenya Joseph Boinnet.

Boinnet mengatakan tersangka pelaku berupaya melarikan diri setelah menembaki polisi, tetapi upayanya digagalkan oleh polisi-polisi lain yang segera tiba di lokasi kejadian.

Lelaki yang membunuh polisi itu dicurigai melakukan perekrutan untuk al-Shabab, kelompok terkait al-Qaida yang beroperasi di negara tetangga, Somalia.

Al-Shabab bertanggungjawab atas beberapa serangan teroris di Kenya dalam beberapa tahun ini, yang disebutnya sebagai tanggapan atas pengiriman tentara Kenya untuk memerangi ekstremis di Somalia.

Sebelumnya, juga Kamis (14/7), Boinnet mengatakan para anggota al-Shabab mengalami kegagalan dalam serangannya terhadap sebuah kantor polisi di kawasan pesisir Kenya.

Boinnet mengatakan polisi berhasil menghadang serangan itu dan menewaskan beberapa penyerang, tetapi ia tidak menyebutkan jumlah persis mereka yang tewas. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG