Tautan-tautan Akses

2 Tersangka Teror Kanada Hadir dalam Sidang


Pengacara tersangka teror Kanada, Raed Jaser (35 tahun), berbicara kepada media di luar pengadilan di kota Toronto (23/4).

Pengacara tersangka teror Kanada, Raed Jaser (35 tahun), berbicara kepada media di luar pengadilan di kota Toronto (23/4).

Dua laki-laki yang didakwa di Kanada merencanakan serangan teror hadir di dua pengadilan terpisah hari Selasa (23/4).

Pihak berwenang mengatakan Raed Jaser, 35 tahun, dan Chiheb Esseghaier, 30 tahun, berencana menyerang sebuah kereta penumpang di Toronto dengan bantuan unsur-unsur al-Qaida di Iran.

Jaser hadir di pengadilan di balai kota Toronto dan membantah keterlibatannya. Ia akan kembali untuk sidang penentuan uang jaminan.

Esseghaier, seorang siswa kelahiran Tunisia, hadir di pengadilan di Montreal. Ia kembali masuk tahanan dan diperkirakan akan diterbangkan kembali ke Toronto untuk disidangkan disana.

Rincian lebih jauh tidak diperoleh karena adanya larangan penerbitan informasi persidangan.

Pihak berwenang Kanada mengatakan tidak ada indikasi rencana serangan itu didukung pemerintah Iran. Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi menyebut tuduhan Kanada tentang keterkaitan Iran “konyol dan dibuat-buat.”

Polisi mengatakan kedua laki-laki itu punya “kapasitas dan niat” melakukan serangan, tetapi tidak ada ancaman segera terhadap publik ataupun infrastruktur kereta.

Polisi Kanada mengatakan kedua tersangka ditangkap dengan bantuan pihak berwenang Amerika. Rencana serangan itu tidak terkait dengan pemboman minggu lalu pada maraton di Boston, Amerika.

Iran dan Kanada tidak memiliki hubungan diplomatik sejak 2012.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG