Tautan-tautan Akses

Tersangka Separatis Serang Pangkalan Polisi dan Tentara di Kashmir


Tentara paramiliter India tiba di lokasi serangan pemberontak di sebuah kemah di Samba sekitar 40 kilometer dari Jammu, India (26/9).

Tentara paramiliter India tiba di lokasi serangan pemberontak di sebuah kemah di Samba sekitar 40 kilometer dari Jammu, India (26/9).

Sekelompok orang yang dicurigai pemberontak separatis menyerang sebuah kantor polisi di Kashmir yang dikuasai India dan menembak mati sedikitnya delapan orang.

Para pejabat India mengatakan serangan di sebuah kantor polisi di kota Hiranagar, Kashmir tersebut diperkirakan bertujuan untuk menggagalkan pembicaraan antara India dan Pakistan.

Para penyerang menembaki kantor polisi di kota Hiranagar itu, kemudian membajak sebuah truk untuk melarikan diri. Hiranagar terletak kira-kira 200 kilometer di sebelah selatan Srinagar, kota besar di Kashmir India. Sebuah kamp tentara tidak jauh dari pos polisi itu juga diserang.

Gubernur Jammu dan Kashmir Omar Abdullah mengatakan para penyerang bertujuan untuk menggagalkan proses perdamaian, menjelang pembicaraan antara perdana menteri India dan perdana menteri Pakistan di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di Kota New York pekan ini.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengeluarkan pernyataan yang menyebut serangan-serangan itu “keji” dan bertekad bahwa serangan-serangan itu tidak akan menggagalkan usaha untuk menemukan penyelesaian atas ketegangan antara India dan Pakistan.

India dan Pakistan keduanya mengklaim seluruh Kashmir. Kelompok-kelompok pemberontak telah berjuang melawan kekuasaan India di daerah itu sejak tahun 1989.
XS
SM
MD
LG